243 Lulusan Poltekpel Surabaya Diminta Kembangkan Sektor Maritim Indonesia

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya meluluskan 243 Perwira Transportasi Laut Angkatan ke-49 Tahun 2023. Prosesi upacara wisuda dilakukan di lapangan upacara Poltekpel Surabaya, Senin (18/9/2023).

Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut ke-49 2023 Poltekpel Surabaya ini dipimpin Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono.

Dalam sambutannya, Djoko meminta para lulusan Perwira Transportasi Laut untuk berkomitmen menjaga lingkungan laut, serta mengurangi dampak negatif dan mendukung pelayaran yang berkelanjutan dengan memprioritaskan praktik ramah lingkungan.

“Kami harapkan para lulusan Perwira Transportasi Laut menjadi teladan dan menciptakan perubahan positif dalam industri maritim,” ujarnya.

Sesuai tema yang diusung pada wisuda kali ini, yaitu “The Competent Indonesian Seafarers are Committed to Protecting the Marine Environment and Sustainable Shipping towards Developed Indonesia”, Djoko menyampaikan, dibutuhkan tekad, dedikasi dan peran besar para lulusan perguruan tinggi matra laut di lingkungan BPSDMP dalam menjaga lingkungan laut dan mengembangkan sektor maritim Indonesia.

Baca Juga:  PENS Dukung Hilirisasi Hasil Penelitian dan HKI Lewat Paten Hasil Penelitian

“Ini adalah tanggung jawab yang besar, kalian akan menjadi tulang punggung dalam industri maritim yang semakin maju dan jadilah pahlawan lingkungan yang menjaga lingkungan laut,” katanya.

Menurut Djoko, dengan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang didapat selama menjalani pendidikan di Poltekpel Surabaya, para lulusan diharapkan mampu mendedikasikan diri sepenuhnya untuk memajukan industri maritim Indonesia.

“Kalian harus menjadi pelaut yang mengutamakan praktik ramah lingkungan dalam segala aspek pekerjaan, dan secara aktif berkontribusi untuk melindungi laut. Sambutlah tantangan dan siap memimpin Indonesia menuju pelayaran yang berkelanjutan,” harapnya.

Djoko menjelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh di atas lima persen dan diperkirakan Indonesia pada 2045 mendatang akan menjadi empat raksasa ekonomi dunia bersama dengan China, Amerika dan India.

Baca Juga:  Cak Imin Beri Motivasi dan Paparkan Tantangan Bangsa kepada 2.088 Wisudawan Unesa

“Pertumbuhan ekonomi ini identik dengan kegiatan investasi dan ekspor. Di mana, salah satu unsur penting dalam kegiatan ekspor adalah transportasi. Artinya, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kita mengandalkan pelaut-pelaut yang hebat dengan cara bekerja keras dan beyond your limit,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, dalam laporannya menyampaikan Perwira Transportasi Laut angkatan 49 tahun 2023 yang diwisuda kali ini sebanyak 243 orang.

Mereka adalah lulusan Sarjana Terapan yang terdiri dari Teknologi Rekayasa Operasi Kapal sebanyak 43 orang, Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal sebanyak 36 orang, Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal sebanyak 27 orang, dan Transportasi Laut sebanyak 86 orang.

Baca Juga:  The President, Game Edukasi Cegah Golput bagi Pemilih Pemula Karya UM Surabaya

Sedangkan, lulusan Diploma III terdiri dari Program Nautika sebanyak 10 orang, Teknika sebanyak 24 orang, dan Elektro Pelayaran sebanyak 17 orang.

Heru menyampaikan kepada para lulusan, saat ini bukan hanya menerima gelar sebagai bukti pencapaian akademis, namun juga sebagai tonggak awal perjalanan menuju kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

“Kalian adalah generasi yang memiliki kesempatan untuk membentuk masa depan maritim Indonesia yang lebih baik, lebih berkelanjutan, dan lebih maju. Jadilah pahlawan lingkungan yang menjaga laut kita, sumber kehidupan yang tak ternilai harganya,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *