Penyelundupan 5.000 Lebih Kura-Kura Moncong Babi Digagalkan di Bandara Juanda

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Otoritas pengamanan Bandar Udara Juanda Surabaya berhasil mengungkap upaya penyelundupan ribuan kura-kura tujuan Vietnam.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo menuturkan, pada Jumat (7/4/2023), terdapat tiga orang dengan membawa 6 koper besar akan terbang ke Vietnam melalui Singapura.

“Nah, saat melewati x ray, koper-koper tersebut terdeteksi membawa barang mencurigakan. Benar saja, saat dibuka ditemukan anakan kura-kura sebanyak 5.632 ekor. Dari peristiwa ini kami mengamankan seorang warga Jakarta,” tuturnya, Senin (10/4/2023).

kura kura 1

Ia menyebut, kura-kura tersebut berjenis moncong babi yang termasuk spesies dilindungi karena jumlahnya yang terus menyusut.

“Ribuan satwa tersebut berasal dari Papua dengan harga Rp 150 ribu per ekor. Selanjutnya barang bukti tersebut akan kita serahkan ke BKSDA Jawa Timur yang nantinya dilepasliarkan kembali di daerah asalnya,” imbuh Kolonel Heru.

kura kura 2

Sementara itu Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur, Nur Patria K mengatakan, lima ribu lebih kura-kura moncong babi yang berhasil diamankan tersebut masih berusia 1 bulan.

“Di Vietnam, kura-kura atau yang kita kenal dengan bulus ini umumnya untuk dikonsumsi dan sedikit yang diolah menjadi obat,” jelasnya.

Ia menyayangkan upaya penyelundupan kura-kura ini. “Jumlahnya sangat banyak, tentunya sangat mengganggu habitat mereka di Papua,” imbuh Nur Patria. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *