Berita Tuban
Emak-emak Ikuti Pelatihan Rias Pengantin di Tuban

TUBAN, SURYAKABAR.com – Sedikitnya 16 emak-emak di Kabupaten Tuban mengikuti pelatihan rias pengantin yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban, di Balai Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Senin (6/2/2023). Kegiatan ini untuk mengurangi angka pengangguran terbuka sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga. 

Kepala BLK Tuban, Takhiyat usai membuka acara mengatakan, kegiatan ini pelatihan berbasis masyarakat yang merupakan tindak lanjut dari permohonan pelatihan dari desa tersebut sejak 2021 lalu.

“Permohonannya sudah sejak 2021, namun baru dapat terlaksana 2023 ini. Sebab, pelatihan dari BLK ini bergantian dan keliling,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Menurut Takhiyat, maksud dari kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan keterampilan atau vokasi pada peserta pelatihan hingga mampu mengimplementasikan pada aktivitas sehari-hari.

“Tujuannya untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka dan peningkatan ekonomi peserta,” sambung mantan Kepala BLK Nganjuk itu.

Pihaknya berharap, peserta dapat mengikuti pelatihan sampai tuntas dan dapat berwirausaha pascapelatihan.

Takhiyat menandaskan, dalam pelatihan ini peserta mendapat materi 25 persen dan praktik 75 persen. Dengan harapan agar pelatihan ini lebih optimal.

“Lama pelatihan 30 hari kerja atau 240 jam latihan. Pelatihan ini didampingi dua tutor profesional dari BLK yang sudah memiliki kompetensi,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *