Monev Usaha Binaan Lazisnu Sukodono, Guna Memperkuat Ekonomi Dhuafa’

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama’ (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan Sukodono, melaksanakan kegiatan monitoring evaluasi (Monev) kepada para dhuafa’ binaan LAZISNU yang tersebar di 16 ranting.

Kegiatan ini digelar di bulan Sya’ban. Dilaksanakan guna mengevaluasi perjalanan program pemberdayaan ekonomi dhuafa’ melalui rombong usaha binaan jual pentol sehat dan bergizi.

Program ini sudah dilaunching 2 tahun lalu (Maret 2020), sebelum datang masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak kepada para dhuafa’ yang tidak bisa jualan pentol dan usaha lainnya.

Melihat situasi dan kondisi Covid-19 yang mulai membaik. Selanjutnya Tim Monev LAZISNU MWC NU Sukodono bergerak melaksanakan monitoring evaluasi program tersebut kepada seluruh dhuafa’, Sabtu (13/3/2022).

Bentuk monitoring evaluasi dilakukan berupa kunjungan ke 16 lapak/rombong yang tersebar di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU (LPM NU), yang tersebar di 16 Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sukodono.

BACA JUGA:

M. Winarto, S.HI, Ketua LAZISNU MWC NU Sukodono berharap kegiatan ini bisa melihat langsung kondisi terkini rombong/lapak tempat jualan pentol. “Kalau terjun gini kan bisa dievaluasi kekurangan dari program ini di Kecamatan Sukodono,” ungkapnya.

sukodono1

Winarto menambahkan, dari hasil pantauan selama kunjungan, para dhuafa’ sangat berharap kondisi masyarakat normal kembali. Sehingga kegiatan berjualan bisa normal lagi dan bisa menghasilkan income tambahan mereka.

“LAZISNU akan bergerak cepat, mereka akan kami bantu modal awalnya berupa support 500 pentol (10 pax) setiap dhuafa’,” imbuh pria yang tinggal di Jumputrejo ini kepada suryakabar.com.

Sementara itu, Muslimin, M.PdI, Sekretaris MWC NU Sukodono yang ikut mendampingi saat kunjungan di MI Pademonegoro mengaku sangat mengapresiasi program LAZISNU tersebut agar para dhuafa’ segera pulih ekonominya dengan adanya support dan bantuan dari LAZISNU.

“Segera saja kalau bisa di bulan Ramadhan nanti, kegiatan penyaluran bantuan modal berupa pentol bisa didistribusikan kepada para dhuafa’. Mumpung bulan suci dan baik, semoga mendapat berkah dan bisa Istiqomah membantu dhuafa di sekitar kita, guna peningkatan ekonomi mereka,” ucap Muslimin. (hrd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *