Ratusan Mahasiswa dan Siswa Nyemplung Sungai, Bersih-bersih Sampah

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sekitar 500 mahasiswa dan siswa nyemplung bareng di Kali Pelayaran Sidoarjo, Minggu (26/3/2017). Mereka bergotong royong membersihkan sampah yang terapung di sungai.

Kegiatan dalam kaitan memperingati Hari Air Sedunia 2017 ini juga diisi dengan menanam pohon di bantaran sungai bersama LSM Konsorsium Lingkungan Hidup dan Garda Lingkungan Jawa Timur.

Para mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) sedang siswa dari SMA YPM 1-4 dan SMP YPM 1. Nyemplung Kali Pelayaran di Taman Sidoarjo dimulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Sedang bibit pohon yang ditanam yakni 300 batang dengan jenis tanaman produktif kluwih dan matoa.

BACA JUGA:

“Nyemplung kali ini sudah ketiga kalinya. Sebelumnya kami lakukan pada Oktober dan Desember 2016. Pembersihan sampah Kali Pelayaran menjadi sangat penting, karena budaya masyarakat membuang sampah di sungai sudah menjadi budaya negatif yang terus terjadi hingga saat ini,” kata Denny Akbar Christiawan Ketua Umum Mapala Umaha, Minggu (26/3/2017).

Lokasi nyemplung kali dan penanaman pohon difokuskan di dua desa di sisi hilir Kali Pelayaran. “Kali ini kami menggelar kegiatan ini di wilayah Desa Tawangsari dan Desa Ngelom sekitar 3 KM,” jelasnya.

Kali Pelayaran terbentang sepanjang sekitar 21 KM melintasi tiga kecamatan dan 10 desa di Sidoarjo. Di Kecamatan Balong Bendo terdapat dua desa, Kecamatan Krian tiga desa, dan Kecamantan Taman lima desa.

“10 Desa ini yang menyumbang pencemaran dari sampah rumah tangga. Air permukaan Kali Pelayaran juga menjadi air baku bagi PDAM Sidoarjo untuk air konsumsi warga,” tambahnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *