Liga Spanyol
Barcelona BAHAYA, Start Terburuk Sejak Dipoles Luis Enrique

BARCELONA, SURYAKABAR.com – Musim ini Barcelona menjalani start di La Liga Spanyol kurang mulus. Menyelesaikan 13 laga di awal musim 2016-2017, Barcelona sudah kehilangan 12 poin. Tim asuhan Luis Enrique itu baru mengoleksi 27 poin.

Pada laga terakhir, Barcelona lagi-lagi kehilangan dua poin, setelah ditahan tuan rumah Real Sociedad, 1-1, Senin (28/11/2016) dinihari WIB.

Buntut start kurang mulus ini, Barcelona harus puas berada di posisi kedua. Puncak klasemen sementara dihuni pesaing abadinya, Real Madrid dengan 33 poin.

Torehan poin Barcelona ini menjadi catatan khusus buat sang arsitek Luis Enrique. Dari 13 laga awal, ini hasil terburuk Enrique sejak dia memoles Lionel Messi dkk pada 2014.

Tahun pertama (2014-2015) bersama El Barca, Enrique mampu mengamankan 31 poin dari 13 laga perdana. Perolehan poin itu bertambah di tahun keduanya (2015-2016), Barcelona mendulang 33 poin ketika sudah merampungkan 13 pertandingan.

Lebih mengkhawatirkan lagi, perolehan 27 poin dari 13 laga ini juga terburuk sejak musim 2007-2008 ketika dipoles Frank Rijkaard. Buntut start buruk itu, Barcelona akhirnya hanya finis di posisi ketiga. Juara direbut Real Madrid dan runner up menjadi milik Villarreal.

Pengalaman buruk itu tidak ingin terulang di musim ini. Itu sebabnya, pemain belakang Barcelona, Gerard Pique mengingatkan jika cara bermain tidak berubah, peluang Barcelona merebut juara bakal berat. Ya, meski kompetisi masih panjang kurang 25 laga, namun alarm bahaya bagi Barcelona itu sudah mulai ditangkap Pique. “Jika kami main seperti ini, peluang kami merebut juara sangat tipis,” kata Pique.

Kini Barcelona sudah ditunggu laga super berat, El Clasico menjamu Real Madrid di Nou Camp, Sabtu (3/12/2016). Mampukah Barcelona menipiskan jarak dengan Real Madrid atau sebaliknya jarak semakin jauh? Layak kita tunggu hasilnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *