Calon Penerima Bidikmisi Unair Diimbau Segera Lakukan Registrasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Airlangga (Unair) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang menerima mahasiswa dari jalur Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi), memiliki cara tersendiri untuk mengelola kegiatan pembinaan mahasiswa penerimanya, mulai proses penyambutan mahasiswa hingga kegiatan kuliah berlangsung.

Terkait persiapan menyambut calon mahasiswa Bidikmisi, Direktur Kemahasiswaan Unair Dr. M. Hadi Shubhan., S.H., M.H., CN., mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Unair akan menerima mahasiswa Bidikmisi dengan kuota yang sama. Baik pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Sesuai aturan pemerintah, 20 persen dari total mahasiswa setiap perguruan tinggi harus penerima beasiswa. Nah, untuk Bidikmisi, setelah kami hitung mendapatkan kuota sekitar 1.040 mahasiswa untuk semua jalur. Hanya, tahun ini, untuk jalur mandiri, masih kami pertimbangkan kembali,” jelas M Hadi Shubhan di Surabaya, Senin (29/1/2018).

Selain itu, pakar hukum perburuhan itu mengakui, setiap tahun dalam proses penerimaan mahasiswa Bidikmisi, ada beberapa kendala. Biasanya, lanjut dia, kendala yang sering terjadi adalah banyak calon mahasiswa yang sebenarnya tidak mampu belum terdaftar sebagai penerima Bidikmisi.

Karena itu, Hadi menegaskan seluruh siswa SMA sederajat yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu agar mengambil kesempatan untuk mendaftar Bidikmisi. Sebab, jika mendaftar pada jalur SNMPTN ataupun SBMPTN tanpa mendaftar ke laman Bidikmisi, siswa tersebut bakal dinyatakan sebagai calon mahasiswa pada umumnya.

“Saya berharap siswa dari SMA sederajat yang merasa kurang mampu secara ekonomi untuk segera mengurus pendaftaran Bidikmisi. Jangan malu dengan temannya. Daripada nanti saat sudah lolos seleksi tidak terdaftar sebagai penerima Bidikmisi, kan susah juga,” tandasnya. (mer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *