ITS Sukses Tembus Tiga Besar Pimnas Ke-37

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menduduki peringkat III Pekan llmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Unair Surabaya yang berakhir, Jumat (18/10/2024) malam.

Mendelegasikan 44 tim untuk berlaga di final, tim ITS memborong 19 gelar juara pada ajang kompetisi berskala nasional ini.

Rinciannya, 17 medali tim dan dua kategori penghargaan individu. Medali tim ini diperoleh melalui kategori poster dan presentasi dari sembilan skema Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilombakan.

Baca Juga:  Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi Deteksi Tanda Vital Non-Kontak Sinar Inframerah

Pada kategori poster, tim ITS meraih tiga medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu. Raihan medali emas disumbangkan tim PKM Video Gagasan Kreatif (PKM-VGK) dan PKM Riset Eksakta (PKM-RE).

Sedangkan, perolehan medali perak diraih tim PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), dan tim PKM-RE. Selanjutnya, medali perunggu diraih tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Baca Juga:  Mahasiswi FK Unair Sabet Best Talent Putri Pariwisata Indonesia 2024
Baca Juga:  Pertamina Goes to Campus 2024 di Singapura, Ajak Mahasiswa Indonesia Bangun Masa Depan Energi Berkelanjutan

Pada kategori presentasi tim ITS meraih tiga medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Perolehan medali emas tersebut disumbangkan tim PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-RSH, dan tim PKM-RE. Sedangkan, medali perak diraih tim PKM-KC dan tim PKM-RE. Untuk medali perunggu diraih tim PKM-RSH dan PKM-RE.

Perwakilan dari ITS juga meraih prestasi pada Kategori Poster Digital Non-PKM dan Mahasiswa Bertalenta Terbaik. Kategori Mahasiswa Bertalenta ini diraih Frederick Hidayat dari tim PKM-K dan Henky Aden Saputra dari tim PKM-RE. Sedangkan, pada kategori Poster Digital Non-PKM diraih tim PKM-PI.

Ketua Satuan Tugas PKM ITS 2024 Dr Hertiari Idajati ST MSc mengapresiasi seluruh kontingen ITS yang telah berpartisipasi dalam Pimnas tahun ini.

“Keberhasilan ITS meraih peringkat ketiga dalam Pimnas tahun ini tidak lepas dari kerja keras dan semangat juang seluruh kontingen,” ujar Hertiari. (aci)