Undika Stikom Surabaya Rancang Aplikasi Stunning Bantu Evaluasi Pembelajaran Siswa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Dosen Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya merancang aplikasi Student Evaluation Learning (STUNNING).

Aplikasi yang dirancang tim dosen Pradita Maulidya Effendi, Bambang Hariadi, dan Edo Yonatan Koentjoro ini memiliki berbagai fitur. Seperti bank soal yang lengkap, evaluasi online yang efisien, serta pembuatan soal yang fleksibel dan analisis data yang terjamin.

Ketua Tim STUNNING Undika, Pradita Maulidya Effendi mengatakan, STUNNING adalah sebuah platform berbentuk website yang memiliki banyak manfaat bagi proses evaluasi siswa pembelajaran di tingkat SMA.

Baca Juga:  Mahasiswi FK Unair Sabet Best Talent Putri Pariwisata Indonesia 2024

“STUNNING memiliki berbagai fitur yang memudahkan proses evaluasi yang dilakukan seluruh komponen sekolah, beberapa di antaranya adalah bank soal yang lengkap, evaluasi online yang efisien, dan lain sebagainya,” ujar Pradita, Rabu (16/10/2024).

Pradita menjelaskan, fitur-fitur lainnya yang ditawarkan STUNNING adalah pembuatan soal yang fleksibel dan analisis data yang terjamin. Sehingga, para guru dapat dengan mudah membuat soal-soal baru dan menyesuaikan tingkat kesulitannya.

“Selain itu, guru dapat memantau perkembangan belajar siswa secara real time dan memberikan umpan balik yang lebih efektif kepada siswa,” jelasnya.

Baca Juga:  KA Ekonomi Dharmawangsa New Generation Hadir dengan Fasilitas Mewah Mulai 17 Oktober 2024

Pradita menjamin, sistem keamanan data pengguna dalam platform ini dipastikan aman. “Sebab, STUNNING sudah dibekali sistem keamanan yang terintegrasi, sehingga dapat melindungi data-data siswa dan guru,” terangnya.

STUNNING pertama kali diimplementasikan di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) pada Kamis, 26 September 2024 di Ruang Laboratorium Aristoteles, Lantai 6 Gedung Undika Surabaya. Tim Pengmas yang terlibat, yakni Pradita Maulidya Effendi, Julianto Lemantara, dan Binar Kurnia Prahani.

Baca Juga:  Indosat Cari Musisi Muda Berbakat di Collabonation Talent Hunt 2024

Kepala SMAN 1 Gedangan, Nina Dwi Suryani menyambut baik inovasi ini. STUNNING dinilai sangat membantu para guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

“Aplikasi ini sangat relevan dengan kebutuhan kami di era digital sekarang. Untungnya, dengan adanya aplikasi ini, bank soal dari guru-guru dan juga hasil tes siswa bisa tersimpan dengan baik pada aplikasi. Siswa juga tidak perlu repot, karena tesnya bisa langsung dari smartphone,” ungkapnya.

Wakil Kepala SMAN 1 Gedangan Bidang Kurikulum, Ali Mahfud mengatakan, aplikasi ini dapat membantu guru untuk mengelompokkan bank soal dan mengorganisir soal-soal dalam satu platform yang sudah terverifikasi. “Platform ini merupakan solusi komprehensif untuk evaluasi pembelajaran siswa di sekolah kami,” pungkasnya. (aci)