Kuliner Sidoarjo
Menyantap Lezatnya Rujak Kikil Cak Said Desa Boro Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Di antara makanan favorit asli Jawa Timur yang banyak digemari masyarakat adalah rujak. Di Sidoarjo, Rujak Kikil Cak Said yang berlokasi di Jalan Mangga, Desa Boro, Kecamatan Tanggulangin, menjadi destinasi favorit pemburu kuliner.

Meskipun dengan bangunan sederhana dan berada di sebuah jalan desa, warung Rujak Kikil Cak Said selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Anis Kurniawati mengatakan, usaha kuliner rujak ini dimulai orang tuanya pada 1987 silam. “Ibu dan almarhum Bapak saya pada tahun itu mulai berjualan. Awalnya warungnya kecil di sisi timur. Menurut Ibu saya, saat pertama kali jualan, harga satu porsi rujak kikil masih di bawah Rp 5 ribu. Saat ini kami jual Rp 24 ribu per porsi,” tutur Anis kepada suryakabar.com, Kamis (12/9/2024) sore.

Baca Juga:  Kuliner, Es Teler Toping Brutal Ala Mahasiswa Umsida

Yang membedakan dengan rujak lainnya, menurut Anis, ia menggunakan kikil atau daging sapi bagian kaki yang masih segar, sehingga terjaga kelembutannya dan kekenyalannya. “Selain itu kami juga menggunakan petis asli Sidoarjo dengan tiga rasa,” ucapnya.

Anis membuka warungnya mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Selain menikmati rujak kikil, pelanggan juga disediakan es dawet dan es sinom segar. Anis tidak merinci berapa porsi rujak kikil yang sanggup ia jual setiap hari. “Alhamdulillah mencukupi. Pelanggannya juga terus berdatangan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Berdayakan UMKM Pengusaha Warung Makan di Sidoarjo ini Gunakan Tenong Bambu sebagai Wadah Hampers
Baca Juga:  favehotel Sidoarjo Sajikan Mie Bebek Kuah Pedas

Yuniwati, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi memgatakan, sudah sejak tahun 2.000, dirinya menjadi pelanggan Rujak Kikil Cak Said.

“Rasanya enak, campuran petisnya pas. Kikilnya juga empuk. Saya biasanya ke sini bersama suami dan anak-anak,” ucap Yuni. (sat)