PON 2024 Aceh Sumut
Atlet Loncat Indah Jatim Aldinsyah Putra Rafi Raih Emas PON 2024

MEDAN, SURYAKABAR.com – Atlet loncat indah putra Jawa Timur (Jatim) Aldinsyah Putra Rafi meraih medali emas nomor papan 3 meter putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut di Kolam Renang Selayang, Medan, Rabu (11/9/2024).

Aldinsyah Putra Rafi mengumpulkan nilai 353,70 dalam kesempatan enam kali loncatan. Ini merupakan kali pertama bagi Aldi meraih medali emas setelah tiga kali tampil di PON.

Raihan nilai yang didapatkan Aldi tersebut jauh di atas Tri Anggoro Priambodo, peloncat indah DKI Jakarta yang merebut medali perak, setelah membukukan 312,50 poin. Medali perunggu disabet M. Ridho Akbar dari Sumatera Selatan dengan raihan 308,25 poin.

Baca Juga:  Muaythai Jatim Juara Umum PON 2024 Aceh Sumut, Raih Enam Emas, Sembilan Perak dan Tiga Perunggu
Baca Juga:  Medali Emas Balap Sepeda Jatim Lampaui Target, Team Time Trial Putra Putri Raih Emas
Baca Juga:  PSSI Evaluasi Terkait Penonton di Laga Indonesia Lawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sukses Aldi ini sekaligus menghentikan laju perolehan medali emas DKI Jakarta di loncat indah sektor putra. DKI Jakarta tampil dominan pada tiga nomor yang dipertandingan sebelumnya.

“Saya tadi tampil nothing to lose saja. Saya lakukan yang terbaik saja,” ungkap Aldi dikutip laman PON 2024.

Pada loncatan pertama, Aldi sebenarnya tertinggal dari Ridho. Tapi, dia mampu mengambil posisi pertama di loncatan kedua. Posisi itu dia pertahankan sampai loncatan keenam.

“Saat itu saya berpikir, kalau dia (Ridho) bisa, maka saya juga bisa. Intinya saya lakukan yang terbaik. Melakukan apa yang saya bisa,” katanya. (*)