ASEAN U-19 Boys Championship 2024
Timnas Indonesia U-19 Buru Kemenangan Lawan Timor Leste U-19 di Laga Terakhir Grup A ASEAN U-19 Boys Championship

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-19 akan menutup laga babak penyisihan Grup A ASEAN U-19 Boys Championship 2024 menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (23/7/2024).

Saat ini Indonesia memimpin klasemen sementara Grup A mengumpulkan enam poin, hasil sapu bersih kemenangan di dua laga, sedang Timor Leste menempel di posisi kedua mengantongi tiga poin.

Kendati hasil imbang sudah cukup untuk lolos ke semifinal, namun Indonesia tetap memburu kemenangan untuk menyempurnakan rekor di babak penyisihan.

Pada laga ini Indonesia diunggulkan bisa meraih kemenangan. Selain mendapat dukungan dari suporternya, Indonesia juga unggul dalam rekor pertemuan. Garuda Nusantara sepanjang bertemu dengan Timor Leste di ajang yang sama, selalu menang.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Kamboja, Peluang Lolos ke Semifinal Terbuka Lebar, Ini Klasemennya

Indonesia dan Timor Leste sudah dua kali bertemu yakni 2013 dan 2019. Pertemuan pertama terjadi pada semifinal 2013. Ketika itu Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Sementara pertemuan terakhir terjadi di penyisihan grup 2019. Di laga itu Indonesia menang 4-0 atas Timor Leste. Empat gol Indonesia dicetak David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra dan Sutan Zico.

Meski lebih diunggulkan, Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri tetap mewaspadai kekuatan Timor Leste. “Timor Leste tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus,” ujar Indra Sjafri usai sesi latihan tim di Lapangan THOR, Surabaya, Senin (22/7/2024) dikutip laman PSSI.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol Kalahkan Filipina U-19 6-0 di ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Ini Klasemennya

Indra menyiapkan dua pilihan permainan timnya untuk mengantisipasi permainan Timor Leste. “Ada dua hal yang mungkin kita antisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respons kita terhadap pertandingan lawan Timor Leste,” kata Indra.

“Satu, apakah dia melayani kita dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau mereka realistis seperti Kamboja kemarin melayani kita yang main deep defending. Hari ini, kita bikin respons dalam sesi latihan untuk bagaimana besok tim ini bisa lebih mencair,” lanjut pelatih asal Sumatra Barat itu.

Pelatih berusia 61 tahun itu mengatakan, jika bermain menghadapi Timor Leste yang bermain tertutup dengan pertahanan rapat, ia menegaskan tim asuhannya tidak takut.

Dirinya mengatakan, pengalaman saat memenangkan laga melawan Kamboja yang bermain rapat dengan skor 2-0 pada laga kedua turut meningkatkan kepercayaan diri para pemainnya saat ini.

Baca Juga:  Piala AFF U-19 2024 Percepat Gerakan Ekonomi Surabaya

“Dengan pengalaman kita kemarin, saya pikir anak-anak lebih percaya diri untuk bisa menghadapi tim-tim yang bermain dengan deep defending,” ucapnya.

Indra menekankan pentingnya evaluasi baik di lini pertahanan dan menyerang. Dengan meningkatkan produktivitas gol dan menjaga pertahanan yang solid, peluang Garuda Muda untuk meraih juara semakin terbuka lebar.

“Untuk kita evaluasi pertahanan jangan ada kebobolan, untuk serangan juga kita harus banyak cetak gol. Harus bisa cetak gol,” ujar Indra. (*)

JADWAL PERTANDINGAN GRUP A
SELASA, 23 JULI 2024
19.30 WIB – Indonesia Vs Timor Leste – GBT
19.30 WIB – Kamboja Vs Filipina – Gelora 10 Nopember

HASIL PERTANDINGAN GRUP A
SABTU, 20 JULI 2024
Filipina 2-0 Timor Leste
Kamboja 0-2 Indonesia

RABU, 17 JULI 2024
Timor Leste 3-2 Kamboja
Indonesia 6-0 Filipina

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

 
NO NEGARA MAIN MNG SERI KLH GOL POIN
1. Indonesia 2 2 0 0 8-0 6
2. Timor Leste 2 1 0 1 3-4 3
3. Filipina 2 1 0 1 2-6 3
4. Kamboja 2 0 0 2 2-5 0

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *