Berita Sidoarjo
Jelang Tahun Ajaran Baru Perajin Seragam dan Atribut Sekolah di Sidoarjo dapat Order Hingga Papua

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Jelang tahun ajaran baru 2024 yang dimulai 15 Juli 2024, perajin atribut dan seragam sekolah di Kampung Topi, Desa Punggul, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo kebanjiran pesanan.

Salah satu perajin, Abdul Fuad mengatakan, peningkatan pesanan sudah dirasakan di awal 2024 hingga menjelang dimulainya musim sekolah.

“Peningkatannya hingga tiga kali lipat. Pesanan tidak hanya datang dari Sidoarjo saja, namun hingga ke kota tetangga hingga luar pulau,” terang Fuad, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga:  Pokémon Playlab Manjakan Penggemar hingga Kolektor Pernak-Pernik di Surabaya

Menurutnya, peningkatan order tersebut karena para perajin kini telah menggunakan pemasaran lewat sosial media dan aplikasi belanja online, maka tak heran cakupan pemasaran bisa lebih luas.

“Pesanan datang dari banyak pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT hingga meluncur ke Papua,” ujarnya sumringah.

Baca Juga:  Usaha Rumahan Kue Kacang di Banyuwangi Beromset Ratusan Juta, Berdayakan Pasien ODGJ
Baca Juga:  Universitas Brawijaya Libatkan 80 Mahasiswa dalam ASEAN University Games 2024

Fuad mengaku, sebelumnya dirinya kesulitan tenaga kerja, karena kalangan muda “emoh” bekerja di bagian produksi. “Mereka kini lebih memilih bekerja sebagai pemasaran saja,” terangnya.

Mengatasi masalah ini, solusi yang ia ambil berupa penambahan mesin.

Kepala Desa Punggul, Fathur Rochman menuturkan, di desanya ada sekitar 40 perajin seragam dan atribut sekolah. Ia membenarkan, pemasaran daring mampu meningkatkan jumlah pesanan.

“Lewat online, pesanan jadi meningkat. Kalau dulu para perajin hanya memasok kota tetangga dan beberapa pasar besar di Surabaya, kini para perajin melayani pesanan mulai Sumatera sampai Papua,” jelasnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *