Unusida Satu Dekade, Usung Tema Dedikasi untuk Negeri dalam Prestasi dan Inovasi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) memperingati Hari Lahir (Harlah) yang genap berusia 10 Tahun atau 1 Dekade pada 4 Juli 2024 dengan mengusung tema ’Dedikasi untuk Negeri dalam Prestasi dan Inovasi’.

Dalam menyambut rangkaian Harlah 1 Dekade Unusida tersebut, Civitas Akademika Unusida menggelar kegiatan Doa Bersama di Masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Komplek Kampus 2 Unusida, Lingkar Timur, Sidoarjo, Rabu (3/7/2024).

Kegiatan tersebut turut mengundang seluruh elemen Nahdlatul Ulama, mulai dari seluruh pengurus Badan Otonom (Banom) NU hingga seluruh pengurus MWCNU dan PAC Muslimat NU Se Kabupaten Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unusida H Fatkul Anam menceritakan jerih payah perjalanan Unusida di awal berdirinya. Lima tahun pertama Unusida mengusung semangat dalam membangun Perguruan Tinggi dengan tata kelola baik.

Baca Juga:  BEM Unusida Gelar Turnamen Futsal antar-SMA/SMK/MA, Kuota Peserta 32 Tim

“Awal berdirinya Unusida merupakan masa-masa sulit, Dosen sempat tidak menerima gaji selama 6 bulan dan karyawan ditak menerima gaji selama 4 bulan,” ungkapnya.

Kemudian, di milestone Unusida di lima tahun kedua adalah menjadi Perguruan Tinggi yang sehat secara fasilitas dan financial. Terbukti, dalam lima tahun terakhir capaian prestasi yang diperoleh Unusida meningkat, baik prestasi dari mahasiswa, tenaga pendidik, kelembagaan, serta unit-unit kerja.

Seperti prestasi bidang kemahasiswaan di periode 2020-2024 terdapat prestasi non-akademik sejumlah 43 prestasi. Prestasi bidang akademik, prestasi mahasiwa terdapat 23 prestasi, 10 hibah penelitian dan kreativitas mahasiswa, hingga 6 prestasi di tingkat internasional.

Baca Juga:  Unusa Deklarasi Kampus Bebas Sampah Plastik, Komitmen Jaga Lingkungan

Tak hanya itu, capaian prestasi di bidang kelembagaan, Unusida telah memperoleh banyak capaian, seperti memperoleh hibah program kompetisi MBKM, hibah praktisi mengajar, kampus mengajar, magang dan studi independen bersertifikat, serta hibah asistensi mengajar MBKM mandiri.

Capaian-capaian tersebut membuat rangking kemahasiswaan Unusida menempati posisi 171 dari 4600 perguruan tinggi negeri dan swasta secara nasional.

“Alhamdulillah perjalanan Unusida di usia satu dekade ini juga dibarengi banyak meraih prestasi-prestasi di tingkat Nasional dan Internasional, seperti mendapatkan hibah penelitian maupun prestasi non akademik,” ujarnya.

Selain itu, akreditasi program studi di Unusida juga mengalami peningkatan. Dari 10 program studi yang telah terakreditasi, hasilnya satu program studi Unggul, satu Baik Sekali serta delapan program studi telah terakreditasi Baik.

“Capaian tersebut membuat Unusida memperoleh Hibab dari Direktorat Belmawa untuk menyelenggarakan program studi memenuhi standart mutu Internasional untuk program studi PGSD,” jelasnya.

Baca Juga:  Sepak Takraw Indonesia Sumbang Emas ASEAN University Games 2024

Selanjutnya, dalam periode 2022-2024, Unusida dinilai sangat mumpuni menjadi pusat percontohan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tata kelola dan pelaksanaan Good University Governance di seluruh PTNU. Serta menjadi fasilitator untuk penyusunan akreditasi.

“Jadi, civitas akademika Unusida saat ini sedang menebar manfaat untuk mendampingi pengembangan kampus NU,” ucapnya.

Ketua Forum Rektor PTNU tersebut mengungkapkan capaian dosen Unusida mengalami tren yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan 10 hibah penelitian, tujuh hibah pengabdian masyarakat dan 56 publikasi Internasional. Hal tersebut yang membuat peringkat Sains dan Teknologi Indeks menempati posisi 96 secara nasional dan 11 di Jawa Timur.

Puncak dari seluruh prestasi yang telah dicapai Unusida adalah memperoleh Gold Winner Anugerah Dikti Ristek 2023 kategori pengabdian kepada masyarakat (Bima Award) untuk perguruan tinggi klaster madya/pratama dengan skor tertinggi periode 2020-2022.

“Hal ini menunjukkan tren performa yang cukup tinggi dari seluruh civitas akademika Unusida, mulai dari Dosen, Tenaga Pendidik, Mahasiswa serta Alumni,” imbuhnya.

Baca Juga:  Selend Sabrina Robin, Siswi SMAN 1 Sidoarjo Diterima di Fakultas Kedokteran Unair dengan Nilai UTBK Tertinggi

Lebih lanjut, ia menjelaskan milestone untuk lima tahun ke 3 yaitu menjadi Perguruan Tinggi yang berdaya Saing Nasional dalam rencana induk pengembangan periode 2024-2029.

Kemudian di 2034, Unusida mencanangkan menjadi Perguruan Tinggi berdaya saing Asia. Hingga di 2039 menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing Internasional.

“Goal yang ingin kita tuju adalah menjadikan Unusida menjadi Riset Preneur University pada 2039,” tegasnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk gotong royong dalam mengembangkan Unusida. Khususnya bagi elemen NU agar dapat saling berkolaborasi dan mendukung program-program Unusida.

“Mohon doa restu, mari bersama bahu-membahu membangun Unusida, masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan dan lakukan,” tuturnya.

Diketahui, beberapa kegiatan juga turut memeriahkan agenda tersebut, di antaranya riyadhoh ke sejumlah muassis dan ulama, Doa Bersama, Kegiatan Event Mahasiswa hingga Jalan Sehat bersama seluruh Civitas Akademika Unusida. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *