Sekjen Kemendikbudristek : AUG Penting Bentuk Desain Besar Olahraga Nasional

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut gelaran pada 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 sangat penting sebagai bentuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek, Suharti mengatakan, pihaknya memiliki tugas dalam DBON tersebut, salah satunya melalui kompetisi olahraga antar mahasiswa.

“Kami ditugaskan negara untuk memastikan, sekaligus membina siswa dan mahasiswa agar menghasilkan atlet-atlet tingkat internasional, dan salah satunya melalui berbagai ajang olahraga, baik di level lokal sampai internasional,” ujar Suharti usai opening ceremony 21st AUG 2024 di Internasional Basketball Arena Unesa Kampus 2 Lidah Wetan Surabaya, Selasa (25/6/2024) malam.

Baca Juga:  Menpora Resmi Buka AUG 2024 di Unesa, Komitmen Gelar Event Olahraga sesuai Standar
Suasana opening ceremony ASEAN University Games (AUG) 2024 di Internasional Basketball Arena Unesa Kampus 2 Lidah Wetan Surabaya, Selasa (25/6/2024).

Menurut Suharti, Kemendikbudristek terus menguatkan pembinaan prestasi lebih lanjut mulai dari kalangan siswa hingga mahasiswa yang memiliki prestasi.

“Beasiswa juga kami sediakan, tadi pak Rektor sudah menjelaskan berbagai beasiswa, baik itu degree, gelar maupun non-gelar juga telah disediakan, bahkan sampai ke luar negeri akan kami siapkan,” jelasnya.

Kemendikbudristek juga berterima kasih kepada seluruh pihak terkait terselenggaranya 21st AUG 2024 di Surabaya dan Malang dengan baik.

“Kami sangat terbantu sekali dengan panitia lokal yang betul-betul sudah bekerja keras memastikan kegiatan ini berlangsung, dan kami juga dibantu Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya dan Malang untuk penyelenggaraan ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Industri Otomotif Siap Jajaki Kerja sama dengan Fakultas Teknik Untag Surabaya
Baca Juga:  KPPU Gandeng Unesa Percepat Target Sejuta Penyuluh Kemitraan UMKM

Kemendikbudristek berharap kontingen Indonesia bisa membawa harum nama negara dengan menjadi juara umum dalam gelaran 21st AUG 2024.

“Kami harapkan dengan mengirimkan sekitar 392 atlet, Indonesia ingin menjadi juara umum di perhelatan ini,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan MKes menyampaikan, terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Kemendikbudristek kepada kampusnya atas digelarnya 21st AUG 2024.

“Unesa memang unggulannya olahraga, sehingga ketika ada event-event seperti ASEAN University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak. Jadi, kami siapkan betul atlet untuk memperkuat ASEAN University Games ini, sehingga harapannya Indonesia bisa menjadi juara umum,” pungkas Prof Nurhasan yang juga sebagai PIC AUG 2024. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *