Kualifikasi Piala Dunia 2026
Usai Telan Kekalahan dari Irak, Erick Thohir: Pelatih dan Pemain harus Evaluasi

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Irak pada laga lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore.

Tampil disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dan sekitar 60 ribu penonton di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Timnas Indonesia menyuguhkan permainan menawan di babak pertama.

Bahkan, di babak pertama tim asuhan Shin Tae-yong itu memiliki dua peluang lewat Rafael Struick dan Sandy Walsh, namun gagal menghasilkan gol.

Justru Indonesia kebobolan dua gol di babak kedua. Gol pertama dari eksekusi tendangan penalti Aymen Hussein menit 54, setelah Justin Hubner handsball di dalam kotak penalti.

Baca Juga:  Calvin Verdonk Bisa Bertanding Saat Timnas Indonesia Lawan Filipina

Berselang lima menit, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain, menyusul kartu merah langsung diterima Jordi Amat.

Indonesia sempat kembali kena hukuman tendangan penalti menit 74, setelah kiper Ernando Ari menjatuhkan pemain Irak di dalam kotak penalti. Kali ini tendangan penalti Aymen Hussein gagal menghasilkan gol, bola tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Gol kedua Irak tercipta menit 88 berawal dari blunder kiper Ernando Ari. Bola yang dikuasai Ernando Ari direbut Ali Jasim. Tanpa kesulitan Ali Jasim menendang bola ke arah gawang yang sudah kosong.

Baca Juga:  Ini 22 Pemain yang Dipanggil Shin Tae-yong untuk Menghadapi Irak dan Filipina
Baca Juga:  Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC Terkait Gol Kedua Irak yang Kontroversi

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan coach Shin Tae-yong dan para pemain harus melakukan evaluasi serius usai kekalahan ini.

“Irak bermain baik, dan kita gagal meraih poin, karena gol-gol handsball, serta kesalahan sendiri, lalu ada kartu merah. Oleh sebab itu, pelatih dan pemain harus evaluasi, karena masih ada satu peluang saat nanti lawan Filipina,” jelas Erick Thohir seusai pertandingan.

Timnas Indonesia akan menutup laga putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjamu Filipina, Selasa (11/6/2024). Irak yang sudah memastikan lolos ke putaran ketiga akan menjamu Vietnam, Rabu (12/6/2024) dinihari WIB.

Saat ini Indonesia menempati posisi runner up klasemen sementara Grup F mengumpulkan tujuh poin. Vietnam menempel ketat di posisi ketiga mengantongi enam poin, setelah hari ini menang 3-2 saat menjamu Filipina,

“Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. Lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu dan juga potensi untuk memberi ancaman sebab kita hanya imbang 1-1 saat bermain tandang. Saya yakin, Filipina yang sekarang berbeda dengan yang dahulu. Ketua Umum Filipina Football-nya baru, dan menyampaikan ingin seperti Indonesia. Jadi jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah. Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan meraih kemenangan,” tegas Erick. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *