RT 3 RW V Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Wakili Kecamatan Candi dalam Lomba RT Sehat se Kabupaten Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – RT 3, RW V, Perumahan Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo berhasil meraih juara 1 lomba RT Sehat se Kecamatan Candi, pekan lalu. Keberhasilan ini membuat mereka mewakili Kecamatan Candi untuk berlomba di tingkat yang lebih tinggi, tingkat kabupaten.

Ketua RW V, Seno Purwantomo mengatakan, sejatinya dirinya tidak menyangka, RT 3 bisa tampil sebagai jawara tingkat kecamatan. Tidak ada persiapan khusus menghadapi lomba dan membiarkan semuanya ‘tampil apa adanya’. Seperti biasanya.

“Tidak ada persiapan khusus menghadapi lomba, seperti pengecatan misalnya. Tidak ada. Yang kami persiapkan ya sederhana saja. Merapikan lingkungan dan menyiapkan pembukuan,” tuturnya, Selasa (4/6/2024) sore.

Baca Juga:  RT 24 RW 07 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT Sehat Kabupaten Sidoarjo, Hadiahnya Rp 300 Juta

Seno memang sengaja membiarkannya apa adanya, karena tidak mau membebani keuangan RT yang bersangkutan. “Karena yang kita kejar bukan kemenangan dan hadiah. Nanti malah timbul kecewa. Tapi kami sangat bersyukur dengan hasil ini,” ucapnya.

Seno menambahkan, di semua RT di RW V sudah terbiasa dengan pengelolaan sampah, seperti ketersediaan tempat sampah, pemilahan serta adanya bank sampah.

Begitu juga dengan jamban sehat, penghijauan serta kegiatan Posyandu. Hal tersebut merupakan poin penilaian lomba RT Sehat. “Jadi sebenarnya kita sudah terbiasa melakukan kegiatan ini,” terangnya.

Baca Juga:  Tiga Prodi Untag Raih Sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance

Ia kembali menekankan, bukan kemenangan atau hadiah yang diburu, namun juga kekompakan dan keguyuban warganya. “Warga RT lain yang tidak mengikuti lomba pun juga kami libatkan. Mereka sangat antusias dan mendukung,” imbuhnya.

Seno melanjutkan, pada Jumat mendatang, pengurus RT 3 dan kader lingkungan akan tampil mempresentasikan kepada tim juri kabupaten.

Setelah itu tim juri akan meninjau kondisi langsung ke lapangan. Nantinya menang atau tidak, Seno berpesan kepada seluruh warga agar terus peduli dengan lingkungan, kesehatan serta menjaga keguyuban.

Baca Juga:  Polresta Sidoarjo Borong Tiga Penghargaan dari Kapolda Jatim

Kepala Desa Ngampelsari, Bambang Eko Sumarsono mengatakan, dirinya sangat support dengan lomba yang diadakan Pemkab Sidoarjo ini.

“Saya berharap virus-virus baik yang telah dilakukan warga Perumahan Taman Candiloka akan menyebar ke wilayah lain. Saya harap tidak terpaku pada penilaian saja dan kemudian berhenti kala hasil penjurian muncul, namun terus berkesinambungan,” harapnya.

Pemkab Sidoarjo menggelar lomba antar-RT se Sidoarjo. Lomba tersebut meliputi lomba RT Jimpitan, RT Sehat, RT Asri, RT Berbudaya dan RT Mandiri Sejahtera. Hadiahnya Rp 300 juta bagi juara pertama di masing-masing kategori. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *