Berita Sidoarjo
Pengusaha Sugiono Mendaftar Bakal Calon Bupati Sidoarjo Lewat PDIP

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pengusaha Sidoarjo, Sugiono Adi Salam resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo melalui PDI Perjuangan.

Sugiono datang ke kantor DPC PDIP, Jalan Jati Selatan, sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (19/5/2024). Ia disambut Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono, Samsul Hadi selaku Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo.

Hadir juga Mundzir Dwi Ilmiawan serta Tri Hendroyono sebagai tim penjaringan Cakada PDIP, serta beberapa pengurus partai yang lain.

Sugiono mengatakan, ia telah menyerahkan berkas perlengkapan dan seluruh persyaratan pencalonan di DPC PDIP Sidoarjo. “Bismillah saya mendaftarkan diri menjadi calon bupati melalui PDIP. Saya menyerahkan dua puluh berkas,” ujar Sugiono.

Baca Juga:  PDIP, PKS dan Nasdem Daftarkan Berkas Bacaleg di KPU Sidoarjo

Terkait kedekatannya dengan PDIP, alumni S2 Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra itu mengaku menjadi simpatisan PDIP sejak 1977 hingga masa reformasi. Keluarganya, tepatnya, sang ayah, juga berlatarbelakang seorang PNI.

Kedatangan Sugiono didampingi sejumlah relawan. Sugiono menyebut mereka merupakan para tetangganya, di kawasan Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Menurutnya tetangga merupakan modal sosialnya dalam bersosial-politik, “Ini kekuatan luar biasa. Apapun bentuknya, tetangga ini melebihi dari saudara. Ini sumber kekuatan dari kami,” imbuhnya.

Baca Juga:  Partai Golkar akan Usulkan Subandi dan Mimik Idayana ke DPP untuk Diusung pada Pilkada Sidoarjo 2024

Ia menyatakan 100 persen tidak ada keraguan pada dirinya untuk maju sebagai Cabup dari PDIP. Dengan berpedoman sesuatu yang baik harus diperjuangkan, Abah Sugiono mengikrarkan visi misi “Menyongsong Sidoarjo menuju lebih baik dan bermartabat, dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan pembangunan berkelanjutan”.

“Saya berangkat dari wong cilik, karenanya konsep kerakyatan itu harus dihayati dan dilaksanakan,” jelasnya.

Mengenai keputusan tentang Wakil Bupati Sidoarjo nantinya, ia mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada DPP partai. Ia menegaskan dirinya siap menerima keputusan DPP PDIP untuk memenangkan kontestasi Pilkada di Kabupaten Sidoarjo nanti.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Warga Awasi Pilkada

Di samping itu, Sugiono juga akan melakukan komunikasi untuk melakukan koalisi dengan partai dan bakal calon lain, dengan tujuan yang sama, yakni untuk memajukan Kabupaten Sidoarjo.

Karena secara realita, untuk bisa mencalonkan sebagai pasangan Cabup-Cawabup, PDIP masih memerlukan koalisi partai lagi karena saat ini punya 9 wakil di DPRD.

Samsul Hadi SE, Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo mengatakan, partainya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai lain untuk menjalin koalisi di Pilkada Sidoarjo 2024 nanti. Siapa saja partai itu, ia enggan mengungkapan. “Nanti kita umumkan jika sudah waktunya,” jelasnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *