Pj Gubernur Jatim Lepas 366 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono melepas kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) menuju Tanah Suci Makkah melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu (11/5/2024) malam.

Kloter 1 asal Bojonegoro tersebut, berjumlah 371 orang. Terdiri atas 366 jemaah calon haji, 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Sesuai jadwal, Kloter 1 menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5269 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024).

Baca Juga:  130 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Bojonegoro Tergolong Lansia dan Risti

Kepada para jemaah calon haji, Adhy menyampaikan rasa syukurnya karena pada musim haji tahun ini, Embarkasi Surabaya mendapatkan layanan Fast Track Mecca Route dari Pemerintah Arab Saudi.

“Alhamdulillah, tahun ini Embarkasi Surabaya mendapat layanan fast track. Seolah-olah ketika kita tiba di Arab Saudi tidak ada proses keimigrasian karena sudah dilakukan di Bandara Juanda,” ujarnya.

Adhy meyakini pemberian layanan ini karena Jawa Timur dengan jumlah jemaah haji yang luar biasa banyak, namun mampu menyelenggarakan ibadah haji dengan baik.

Baca Juga:  Empat Kloter dari Bojonegoro Tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya
Baca Juga:  Prodi Teknik Mesin ITN Malang Raih Pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka 2024

Para jemaah juga diingatkan, mereka adalah tamu Allah dan pada hakikatnya dapat berdoa secara langsung dengan Allah SWT.

“Jaga kesehatan. Sehat adalah modal agar bisa menjalankan ibadah haji dengan baik. Bapak Ibu harus sadar,  perjalanannya ke Tanah Suci bukan perjalanan biasa. Bapak Ibu adalah pilihan Allah,” tegasnya.

Adhy berharap agar para jemaah diberikan kekuatan, sehingga semua proses ibadah haji dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, agar selalu menjaga nama baik Indonesia dan mengindahkan norma-norma yang berlaku di Arab Saudi.

“Semoga kembali dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji mabrur. Bojonegoro pertama kali datang, sehingga menjadi contoh bagi yang lain,” pungkas Adhy. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *