IKA UB Luncurkan Aplikasi Talenta Bagi Lulusan untuk Permudah Dapat Kerja

MALANG, SURYAKABAR.com – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) meluncurkan Aplikasi Talenta UB sebagai wadah menjembatani mahasiswa dan alumni dalam dunia kerja.

Platform tersebut diluncurkan pada saat kegiatan halal bihalal IKA UB di Auditorium kementrian PUPR , Jakarta Selatan, Sabtu (4 /5/2024).

Talenta UB dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan alumni dan mahasiswa yang memiliki kompetensi khusus dan unggul sesuai permintaan industri dimasa depan.

Aplikasi Talenta merupakan sebuah platform komunikasi yang mempertemukan mahasiswa dan alumni di pasar dunia kerja melalui jejaring profesional. Paltform tersebut juga menyediakan program magang di dunia industri.

Talenta UB menawarkan alternatif gerbang karier melalui fitur lowongan pekerjaan yang tersedia baik dari entri level sampai profesional.

Baca Juga:  Prodi Administrasi Pendidikan FIB Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Serius Tangani Pendidikan Inklusi

“Aplikasi ini juga mempromosikan para calon employer berdasar skor kompetensi yang dimiliki sesuai bidang yang diinginkan. Hal ini akan mempermudah para alumni dalam memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengejar impian,” kata Ketua Umum IKA UB M. Zainal Fatah.

Talenta UB juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan lembaga internasional. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standard kompetensi alumni dan mahasiswa yang dibutuhkan industri.

Ketua umum IKA UB M. Zainal Fatah, mengatakan, aplikasi Talenta UB ini dipersembahkan alumni sebagai komitmen maju bersama mahasiswa baik S1, S2, S3 dan sekolah Vokasi.

Rektor Prof. Widodo dalam sambutanya mengatakan, Talenta UB merupakan bagian penting untuk meningkatkan keterserapan alumni di dunia kerja.

“Berdasarkan survei lebih dari 80% alumni kita terserap dalam dunia kerja yang tepat waktu,” katanya.

Baca Juga:  Untag Surabaya Buka Pendaftaran Maba Khusus Kelas Karyawan Lewat Sistem Hybrid
Baca Juga:  Bupati Ipuk Didukung Kemenkes Galakkan Desa Bebas Nyamuk Cegah DBD

Rektor juga berharap agar para alumni yang sudah punya jabatan penting dapat membantu adik-adiknya dalam karier yang baik.

Dia juga berharap bagi alumni yang sukses bergerak di sektor swasta bisa mendorong mahasiswa memiliki skill dan keberanian seorang entrepreneurs.

“Sebaik-baiknya alumni adalah orang yang banyak memberikan kontribusi pada Almamater,” katanya.

Halal bihalal IKA UB dihadiri 1.317 alumni antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) sekaligus Ketua MWA UB Prof. Muhadjir Efendi, mantan Menkopolhukam Prof. Mahfud MD yang juga sebagai anggota majelis Wali Amanat Universitas Brawijaya (MWA UB), Prof. Ahmad Erani Yustika Kepala Sekretariat Wakil Presiden, dan Ketua Ombusman Republik Indonesia Mokhamad Najih.

Dari pihak UB yang hadir adalah Ketua Senat UB Prof. Nufil Hanani, Rektor UB Prof. Widodo beserta seluruh wakil rektor, dekan, wakil dekan dari semua fakultas di UB. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *