Ratusan Pecinta Kembang Pedang-pedangan Ikuti Kontes Nasional di Sidoarjo, Ada yang Berharga Rp 150 Juta

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ratusan pecinta bunga Sanseviera atau yang lebih dikenal dengan kembang pedang-pedangan atau lidah mertua, mengikuti kontes nasional yang digelar di Kedai Tepi Teras, Jalan Ahmad Yani, Minggu (5/5/2024). Yang bikin melongo, satu dari ratusan Sanseviera yang dipajang berharga Rp 150 juta.

Bunga seharga mobil LCGC ini adalah milik Maulana, warga Jakarta. Sepintas, Sanseviera dengan pot warna coklat ini nampak biasa saja. Apalagi menurut penglihatan orang awam.

Sanseviera dengan tinggi sekitar 80 sentimeter ini mirip dengan kembang lidah mertua yang sering kita jumpai di kebun dengan variasi warna hijau dan kuning.

Baca Juga:  Unesa Tampilkan 2.192 Karya Terbaik dalam Pameran Bulan Pendidikan 2024

Maulana mengatakan, Sanseviera miliknya berjenis Pinguicula Longifolia Variegeta. “Jenis ini berasal dari Afrika dan termasuk langka. Kalau kita lihat sosoknya bunga ini cukup tinggi. Daun yang tumbuh juga beriringan mulai dari bawah. Ya yang bikin mahal ini karena jenis ini memang langka,” ucapnya.

Maulana mengatakan, tidak ada yang spesial untuk merawatnya. Tinggal diberi pupuk dan disiram secukupnya. “Yang penting dalam satu bulan kita ganti media tanamnya,” imbuhnya.

Dalam pameran kali ini, Maulana membawa 21 Sanseviera.

Baca Juga:  256 Siswa SD Mudipat Surabaya Dapat Suntikan Motivasi dari Wali Kota Eri Cahyadi
Baca Juga:  Banyuwangi Gelar Rembug Anak, Gali Aspirasi Anak untuk Anak

Sementara itu Ketua Kontes Nasiona Sanseviera, Safi’I Prasetya mengatakan, kontes kali ini lebih ramai dari sebelumnya. ”Pesertanya berjumlah lebih dari 250 orang dari berbagai wilayah di Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, ada tiga kategori Sanseviera yang dilombakan, kelas variegata, hybrid dan non variegate atau spesies.

Menurutnya, panitia menyediakan hadiah uang dan sertifikat bagi pemenang. Meskipun nilai uangnya mungkin tidak sebanding dengan ongkos perjalana peserta, namun ada alasan lain dibelakangnya.

“Bagi bunga yang menang dalam kontes seperti ini, tentu mengerek harga. Sertifikat yang diperoleh juga mendukung,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *