KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 581 Petugas Gabungan Amankan Angkutan Lebaran 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan 581 petugas gabungan dan 98 personel ekstra untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban (Kamtib) dalam perjalanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2024.

Executive Vice President (EVP) KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo mengatakan, 581 petugas gabungan tersebut, terdiri dari 134 Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 378 security, serta 69 eksternal dari unsur TNI dan Polri. Mereka akan bertugas mulai 5-16 April 2024. Sedangkan, masa Angkutan Lebaran KAI ditetapkan mulai 31 Maret hingga 21 April 2024.

“KAI Daop 8 Surabaya juga telah memetakan sembilan daerah perhatian khusus, dengan mengerahkan 98 personel ekstra, yang terdiri dari 41 petugas pemeriksa jalur ekstra, 30 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 27 petugas daerah pemantauan khusus,” ujar Wisnu usai Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Angkutan Lebaran 2024 di halaman Kantor Daop 8 Surabaya, Jumat (5/4/2024) pagi.

Baca Juga:  4.951 Penumpang Berangkat dari Stasiun Malang pada H-5 Lebaran 2024

Wisnu menegaskan, KAI Daop 8 Surabaya terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, serta memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.

“Termasuk meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif, serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Wisnu, KAI Daop 8 Surabaya telah memastikan keandalan sarana dengan melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan maupun kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

Baca Juga:  Kapolri, Menhub dan Panglima TNI Cek Kesiapan Jalur Mudik Lebaran 2024
Baca Juga:  Bantuan Kemanusiaan Rp15 M dari Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Sebanyak 59 lokomotif dan 451 gerbong kereta, dan 16 Kereta Rel Diesel (KRD) siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

“Dari sisi fasilitas, KAI Daop 8 Surabaya juga telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan,” terangnya.

Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, KAI Daop 8 Surabaya berkolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *