Empat Robot Terbang Baru Tim Bayucaraka ITS Optimistis Juara di Singapura

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan empat robot terbang baru untuk berlaga di ajang Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2024 mendatang.

Tim Bayucaraka ITS menargetkan juara dalam ajang internasional bergengsi tersebut. Apalagi, ITS juga telah dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia.

“Meskipun diiringi banyak tantangan, perjuangan inilah yang nantinya akan menggoreskan tinta dalam sejarah,” ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Adi Soeprijanto, Minggu (17/3/2024).

Baca Juga:  Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Berbagai Bidang

Empat robot terbang yang diluncurkan tersebut, antara lain dua pasang robot drone bernama Jati Sigma dan Jati Theta, dan dua drone lain bernama Soerongarep dan Soeromburi.

Programmer Tim Bayucaraka ITS, Achmad Iqbal Akbari mengatakan, masing-masing drone memiliki fokus berbeda. Untuk Jati Sigma dan Jati Theta, lebih fokus pada kemudahan dan kelincahan pilot ketika mengendalikannya dengan remote.

Baca Juga:  Dosen Matematika ITS Juarai Pioneers 4.0 Hackathon Series Abu Dhabi
Baca Juga:  Menteri ATR/Kepala BPN AHY Kembali Lanjutkan Kuliah S3 di Unair

“Sedangkan, Soerongarep dan Soeromburi dirancang untuk bergerak menuntaskan misi-misi autonomous-nya dengan bantuan sebuah komputer kecil yakni NVIDIA Jetson Nano,” jelas Iqbal.

Menurut Iqbal, timnya telah mempersiapkan untuk kompetisi ini sejak lima bulan lalu. “Tentunya disertai dengan evaluasi dari hasil perlombaan di tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Iqbal mengakui, timnya akan mengirimkan delegasi sebanyak tujuh mahasiswa untuk hadir di Singapore Science Center pada 20 dan 21 Maret 2024 mendatang.

Dalam ajang SAFMC 2024 ini, Tim Bayucaraka ITS menargetkan bisa membawa pulang piala Best International Team untuk kategori D1 dan juara pertama untuk kategori D2. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *