Seorang Siswa Spemduta Sidoarjo ini Punya Hobi Unik sebagai Bus Mania, Dia Pernah Jadi Kernet

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Seorang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 2 Taman (Spemduta) Sidoarjo, Manggala Abimata mempunyai hobi unik. Dia sangat menyukai bus atau biasa disebut Bus Mania. Manggala Abimata saat ini duduk di kelas 9 C. Dari hobinya tersebut, dia mempunyai pengalaman unik.

Dia menceritakan, kesukaan terhadap bus tidak datang begitu saja. “Awalnya saya suka bentuk busnya termasuk aksesoris gambar di bodi bus. Saya sangat suka bus Restu Panda,” ucapnya, Selasa (6/2/2024).

Dia menceritakan, kesan pertama tersebut didapat saat ia megikuti study tour sekolahnya ke Malang menggunakan bus Restu yang bergambar Panda ini.

Baca Juga:  Puluhan Sopir Bus dan Kernet Jalani Tes Urine di Terminal Purabaya Bungurasih

“Pertama saya naik terus lihat dalamnya kok bagus. Luarnya ada livery atau gambar panda-panda. Lucu. Makanya saya sangat suka akan Restu,” katanya.

Dari hobi ini, Manggala mendapat pengalaman yang seru sekaligus berkesan dan mungkin tidak terlupakan. “Saya pernah menjadi kernet di PO Kalisari. Sebelumnya saya diajari sama kru nya. Rute bus dari Bungurasih ke Malang. Jadi saya teriak-teriak Malang, Malang, Malang,” kenangnya disertai tawa.

Baca Juga:  Murid SMP Muhammadiyah 2 Taman Peringati Hari Pahlawan, Belajar Sejarah Melalui VR
Baca Juga:  Tiga Bidang Ilmu di Universitas Brawijaya Masuk Top University Ranking

Tidak itu saja, Manggala juga membukakan pintu bus saat ada penumpang yang akan masuk. “Busnya kan jalan, jadi saya teriak terus membukakan pintu kalau ada penumpang yang naik,” jelasnya.

Manggala seringkali hunting bus di Bungurasih untuk direkam dan dinaikkan di akun medsosnya. “Saya hunting bus mulai 2022. Kalau dari rumah kan jaraknya sekitar lima kilometeran. Saya ke sana sepedahan pancal,” terangnya. Hal itu dilakukan saat hari libur sekolah.

“Dari hobi bus mania ini, saya banyak bersyukur karena bisa berbaur dengan banyak orang. Saya juga bisa belajar dari para kru bus dan orang-orang di terminal. Mereka mengajari saya susah maupun senang mencari rejeki,” tutup Manggala. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *