Unesa Catat Rekor MURI lewat 1.302 Produk Mahasiswa MBKM 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2023 menghasilkan sebanyak 1.302 karya. Jumlah produk tersebut memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Produk-produk tersebut dipamerkan dalam Festival MBKM Unesa di Laboratorium Merdeka Belajar, Kampus II Lidah Wetan Surabaya, Sabtu (3/2/2024).

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek, Prof Sri Suning Kusumawardani, mengatakan capaian ini dapat menjadi motivasi untuk terus melakukan penguatan dalam pengelolaan dan implementasi MBKM, baik flangship maupun mandiri.

Ke depan, pihaknya mendorong agar MBKM Mandiri ini semakin banyak lagi. Ia menyebut, tahun ini akan dikembangkan pilot project program magang di Singapura yang akan terus dikembangkan dengan desain program magang internasional di lembaga-lembaga internasional seperti UNESCO, PBB dan sebagainya.

Baca Juga:  Rektor Unesa Resmi Jabat Ketua Forum Rektor Indonesia 2023-2024

“Unesa juga telah mengembangkan Laboratorium Merdeka Belajar. Tentu, harapan ke depannya ini dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam mengembangkan MBKM Mandiri yang berkualitas dan berdampak,” ujar Prof Sri Suning.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa, Prof Madlazim, mengatakan jika pihaknya berkomitmen untuk terus memaksimalkan implementasi MBKM pusat dan berinovasi melalui MBKM mandiri yang dikelola Unesa.

MBKM Mandiri tidak hanya memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar kampus, namun juga membiasakan mahasiswa untuk mampu mandiri, memberikan kontribusi dan menghasilkan karya.

Baca Juga:  Unesa Kembali Raih MURI Lewat Ribuan Pasang Sepatu Beda Warna Terbanyak
Baca Juga:  Mahasiswa Telkom University Surabaya Rancang Gerak Robot Humanoid

“Berbagai produk yang dihasilkan mahasiswa ini merupakan wujud dari kesungguhan, kreativitas, inovasi, dan kompetensi yang mereka dapatkan,” jelasnya.

Menurut Prof Madlazim, melalui program wirausaha merdeka, Unesa juga mendorong pengembangan wirausahawan muda melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan.

“Kami siapkan permodalan. Ke depan, kami bekerja sama dengan BTN dan Bank Jatim untuk menyiapkan skema permodalan usaha untuk mahasiswa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan MURI, Andre Purwandono, mengatakan Rekor MURI ini diberikan untuk produk MBKM terbanyak dan telah melalui tahap penilaian dan verifikasi. Menurut Andre, program tersebut mampu mendukung dan meningkatkan SDM, khususnya di perguruan tinggi.

“MURI memberikan penghargaan untuk mendukung perkembangan pendidikan tinggi yang lebih inovatif. Penghargaan MURI ini merupakan yang kesekian kalinya diraih Unesa. Semoga ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua dalam membangun SDM,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *