Unusa dan YDSF Wujudkan Pondok Pesantren Bersemi Lewat Penyediaan Air Bersih

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dipercaya Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Surabaya untuk mengubah pondok pesantren (ponpes) menjadi tempat yang bersih, sehat, dan mandiri (Bersemi).

Ketua Center for Environmental Health of Pesantren (CEHP) Unusa, Achmad Syafiuddin, mengatakan untuk mewujudkan Pesantren Bersemi dibutuhkan penyediaan air bersih untuk keperluan higienis sanitasi.

Menurut Syafiuddin, salah satu inovasi teknologi yang dihasilkan CEHP Unusa adalah UNU-Water, sebuah sistem filtrasi air yang mudah, murah, dan menggunakan bahan lokal di sekitar pesantren.

“UNU-Water telah teruji mampu menyaring berbagai jenis air limbah dan air sungai, menjadikannya layak untuk keperluan sanitasi sehari-hari, seperti mandi, mencuci, wudlu, dan menyediakan air minum bagi pesantren. Sistem ini sudah dipasang di beberapa pesantren di Jawa Timur sejak 2021,” ujar Syafiuddin, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga:  119 Mahasiswa Unusa Disebar di 7 Puskesmas Bantu Imunisasi Polio Serentak di Surabaya

Pada tahun ini, YDSF bersama Unusa telah sukses memasang UNU-Water di Ponpes Babus Salam di Desa Kangenan, Pamekasan. Pesantren ini salah satu yang mengalami kendala penyediaan air bersih.

Kegiatan ini berhasil mengubah air tanah yang tidak layak menjadi air yang dapat digunakan santri sehari-hari. Pemasangan dan pengadaan alat UNU-Water ini didanai penuh YDSF Surabaya. Sedangkan, Unusa menyiapkan teknologinya.

“CEHP Unusa berkomitmen menyediakan air bersih bagi sekitar 16 ribu pesantren tradisional di Indonesia. Oleh karena itu, kerja sama dengan berbagai pihak diperlukan agar seluruh pesantren tradisional di Indonesia dapat menikmati akses air bersih yang layak,” tegasnya.

Baca Juga:  UHW Perbanas Gelar Festival Budaya Pelepasan 35 Mahasiswa PMM Batch 3

Syafiuddin menjelaskan, sebagai upaya mendukung pembangunan berkelanjutan, CEHP Unusa akan terus memantau dan mengevaluasi dampak program ini.

“Kami tidak hanya ingin memberikan solusi sementara, tetapi juga menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Monitoring dan evaluasi akan menjadi bagian penting dari langkah-langkah kami untuk memastikan program ini mencapai tujuannya dalam jangka panjang,” jelasnya.

Tim YDSF Surabaya, Imron Wahyudi, mengatakan keberhasilan program yang bekerja sama dengan Unusa, yaitu program pemasangan UNU-Water di Pondok Pesantren Babus Salam Kangenan, Pamekasan.

Imron menyebut, program ini telah membuktikan diri sebagai langkah progresif dalam meningkatkan kualitas air di pesantren tersebut. Melalui upaya pemasangan UNU-Water, sehingga mengubah kualitas air tanah yang sebelumnya tidak layak pakai menjadi air yang dapat digunakan santri sehari-hari.

Baca Juga:  Unusa Dipercaya Baznas Sediakan Air Bersih untuk Ponpes di Jabodetabek

“Hal ini mencerminkan dampak positif yang dapat dicapai melalui upaya kolaboratif dalam menyediakan solusi konkret untuk permasalahan kritis, seperti akses air bersih di lingkungan pesantren tradisional. Salah satunya mempercayai Unusa untuk program ini,” terangnya.

Imron menekankan hasil positif dari program tersebut bukan hanya sekadar perubahan kualitas air, namun juga sebuah bukti kolaborasi antarlembaga dapat menghasilkan dampak nyata di tingkat lokal.

“Keberhasilan program ini bukan hanya dalam konteks teknis, melainkan juga sebagai ilustrasi nyata bagaimana kerja sama lintas sektor dapat menciptakan perubahan positif yang bersifat inklusif dan berkelanjutan di lingkungan sekitar,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *