PT KAI Daop 8 Surabaya Tanam Belasan Ribu Pohon pada Peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – PT KAI Daop 8 Surabaya menanam 11.495 pohon di seluruh wilayah Daop 8 Surabaya. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia setiap 10 Januari. 

Salah satu titik penanaman di area Stasiun Sidoarjo, Rabu (10/1/2024). Sedikitnya ada 50 Pohon Tabebuya yang ditanam di sana. Seluruhnya ditanam di sisi Barat rel kereta api.

“Selain di Stasiun Sidoarjo, penanam juga dilakukan di Stasiun Porong, Wonokromo, Lamongan dan Babak,” tutur Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo.

Baca Juga:  Program BRI Menanam Targetkan Tanam 1,75 Juta Bibit Pohon Produktif hingga 2023 untuk Pengurangan Emisi Karbon

Penanaman pohon ini merupakan bagian dari program KAI Go Green untuk merespons fenomena global warming. Dengan penanaman ini diharapkan lingkungan stasiun menjadi lebih sejuk dari sebelumnya.

“Kalau dalam bahasa kami ini adalah sedekah oksigen, sehingga wilayah kami menjadi lebih hijau dan segar dan dalam bekerja bisa semakin sehat,” terangnya.

Selain Pohon Tabebuya, KAI juga menanam dua jenis pohon lainnya seperti Ketapang Kencana dan Pule. Jenis pohon itu dipilih agar lingkungan stasiun tidak hanya sejuk, melainkan sedap dipandang.

“Paling tidak polusi di sekitar area stasiun menjadi lebih segar, ini kesempatan yang baik dan akan kami terus gelar secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sukses Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Polresta Sidoarjo Sabet Penghargaan dari Kapolda Jatim
Baca Juga:  Gus Muhdlor Bersama Pasmar 2 Gedangan Tanam Pohon Sorgum dan Bibit Jagung Hibrida

Sementara itu Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, aksi penghijauan ruang publik sengaja digelar tepat di Hari Gerakan Menanam Satu Juta Pohon. Harapannya dapat memberikan dampak yang positif.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Daop 8 Surabaya untuk meningkatkan kelestarian lingkungan stasiun di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya.

“Kami ingin mengajak seluruh stakeholder KAI untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan program gerakan satu juta pohon di lingkungan KAI,” jelasnya.

Menurutnya, total PT KAI sudah melakukan penanaman 94.303 pohon. Rinciannya 36.576 pohon ditanam di lingkungan stasiun dan kantor KAI. Sementara 57.727 pohon lainnya diserahkan ke masyarakat untuk ditanam.

Ia melanjutkan, selain membuat udara menjadi lebih bersih, stasiun juga akan lebih indah. Di samping itu, mengurangi dampak pemanasan global hingga mampu menyerap polusi udara.

Pihaknya berharap upaya mendukung pelestarian lingkungan tersebut bisa berhasil dengan melibatkan berbagai pihak. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *