Gus Muhdlor Bersama Pasmar 2 Gedangan Tanam Pohon Sorgum dan Bibit Jagung Hibrida

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Untuk mewujudkan ketahanan pangan, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor bersama jajaran Pasukan Marinir (Pasmar) 2 Gedangan menanam pohon sorgum dan bibit jagung jenis hibrida F1 di Lahan Minatani Kesatrian Marinir Moekijat Mako Pasmar 2 Gedangan, Sidoarjo, Jumat (9/9/2022).

Tema kegiatan yang diusung adalah “Melalui Penanaman Sorgum Nasional TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Penanaman pohon ini sekaligus memperingati HUT ke 77 TNI AL. “Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menguatkan ketahanan pangan bangsa ini. Menanam sorgum dan jagung adalah salah satu upaya yang tahun ini dilakukan,” terang Gus Muhdlor.

Penanaman ini menggunakan peralatan rotari etek dan tugel. Diketahui dari tiap-tiap bibit tersebut masa panennya bervariasi, antara 70 sampai dengan 100 hari.

BACA JUGA:

jagung2

Danmenbanpur 2 Mar Kolonel Marinir Firman Gunawan mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke 77 TNI AL yang jatuh 10 September 2022.

Sesuai instruksi pimpinan TNI AL untuk memanfaatkan lahan kosong di wilayah kerja sekaligus untuk menunjang program ketahanan pangan nasional.

“Penanaman bibit sorgum tersebut merupakan pengembangan petani binaan Pasmar 2 Gedangan. Hal ini bisa menjadikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat lainnya yang berprofesi sebagai petani supaya terpacu untuk memanfaatkan lahan guna meningkatkan ketahanan pangan serta menghidupkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Pasmar 2 Gedangan terus menjaga sinergi dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kedaulatan pangan melalui sektor pertanian. Harapannya agar tercipta stabilitas ketahanan pangan yang cukup, baik di tingkat nasional maupun di daerah. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *