Diskominfo Sidoarjo Sosialisasi P4GN Cegah Peredaran Narkoba

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sidoarjo menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Tahun 2023 di Wedangan Joglo, Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Rabu (13/12/2023).

Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkotika, serta mengajak semua pihak bersama-sama melawan peredaran gelap narkoba.

Asisten Administrasi Umum, dr. Atok Irawan, mengatakan, pencegahan narkoba (narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya) perlu dilakukan secara bersama-sama demi menciptakan lingkungan yang bebas dari pengaruh negatif narkoba.

“Dalam mencegah peredaran narkoba, perlu dilakukan bersama-sama, baik pemerintah, masyarakat, dan berbagai stakeholder lainnya,” katanya.

Baca Juga:  Kanwil DJP Jatim II Gandeng Gergatin Edukasi Perpajakan Peringati Hari Disabilitas Internasional

Dengan mengusung tema “Sinergi Wujudkan Perubahan Nyata,” diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pegawai Diskominfo tentang urgensi peran bersama dalam mencegah, memberantas, dan menanggulangi peredaran gelap narkoba di wilayah Sidoarjo.

Sementara itu, Ketua Tim P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo Widiati Dyah Kusuma Wardhani mengatakan, peredaran narkoba di Indonesia seringkali lewat teman sendiri, pecandu maupun pengedar.

Baca Juga:  Lippo Plaza Sidoarjo Hadirkan Mini Zoo dengan Puluhan Jenis Satwa
Baca Juga:  Pengerjaan Frontage Road Ruas Waru - Delta Sari Mencapai 54 Persen

“Pengedar di sekitar kita masih didominasi teman sendiri, pecandu, dan pengedar. Sehingga perlu tetap mawas diri di manapun kita berada, dan dengan siapapun kita berteman,” ucapnya.

Konselor Adiksi Retno Dwi Hapsari menjelaskan, jika pecandu narkoba melalui rehabititasi, maka tidak dapat dipastikan pengedar atau pengguna tersebut sembuh total.

“Peran dari rehabititasi bukan untuk menyembuhkan, namun sekadar memberikan penjelasan betapa berharganya diri kita, sehingga pengguna akan memikirkan dampak dari penggunaan narkoba dalam jangka panjang untuk dirinya sendiri,” terangnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *