Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Ende Terkesan Perpustakaan Smamda Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Koordinator Pengawas Pendidikan Menengah Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) Dra Farah Aroeboesman terkesan dengan perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo.

Hal itu diungkapkan saat kunjungan studi tiru MKKS SMA dan Pengawas Sekolah Kabupaten Ende ke Smamda Sidoarjo, Sabtu (2/12/2023).

“Saya terkesan dengan perpustakaan Smamda Sidoarjo, pengelolaan dan sarana prasarananya bagus,” ungkapnya.

Farah begitu ia disapa, berharap sekolah-sekolah di Kabupaten Ende bisa mengadopsi hal-hal positif selama kunjungan di Smamda.

Baca Juga:  Ketua Bidang Kader IPM Smamda Sidoarjo Bergabung SYC Singapura

Farah tidak sendirian, ia datang bersama rekan kerja empat pengawas sekolah lainnya dan 19 kepala sekolah atau perwakilan sekolah tingkat SMA se Kabupaten Ende yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Dalam sambutannya Ketua MKKS Yohannes Albinus Minggu menyampaikan terima kasih kepada kepala Smamda Sidoarjo, karena telah berkenan menerima kunjungan MKKS Kabupaten Ende. “Terima kasih kami ucapkan kepada bapak kepala sekolah, karena telah menerima kami untuk belajar,” ucap Yohannes.

Kepala SMA Negeri 2 Ende itu menceritakan salah satu pembiasaan di masyarakat Ende yaitu salam Pancasila. “Selain ucapan salam yang lazim kita dengar seperti selamat pagi, kami ada tambahan salam yaitu Salam Pancasila,” ungkapnya.

Ia menambahkan kenapa salam Pancasila ini digelorakan karena Ende salah satu daerah tempat pengasingan Presiden pertama Indonesia.

Baca Juga:  Smamda Surabaya Undang 12 Dosen Tamu Kenalkan Dunia Kuliah
Baca Juga:  Guru Besar ITS Kembangkan Peredam Getaran Dinamis pada Boring Bar

“Soekarno dalam perjuangan melawan penjajah pernah diasingkan di Ende, jadi salam Pancasila ini bentuk penghormatan atas perjuangan tokoh proklamator itu,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ini, rombongan juga diajak untuk melihat lingkungan sekolah termasuk kegiatan ekstrakurikuler futsal di Sport Centre, serta berinteraksi dengan siswa-siswi yang sedang menikmati fasilitas tersebut. “Siswa-siswi di sini nampak sangat antusias dalam belajar,” tambah Yohannes.

Selain berkunjung ke arena olahraga, rombongan yang menghabiskan perjalanan laut selama tiga malam ini juga diajak mencoba beberapa fasilitas seperti Air Hawari (air siap minum), kantin dengan pembayaran nontunai, Unit Pelayanan Teknis (UPT) PPDB, Ruang Hamka tempat berlatihnya Smamda Voice yang telah menjuarai berbagai kompetisi Internasional. Kunjungan ini diakhiri dengan pertukaran cindera mata antara pihak Smamda dan rombongan MKKS Ende. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *