Unesa Raih Juara Umum PPG Nasional, Kado Hari Guru Nasional 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meraih juara umum Pendidikan Profesi Guru (PPG) Nasional tepat di Hari Guru Nasional (HGN). Hal ini menjadi kado istimewa bagi kampus ‘Satu Langkah di Depan’ tersebut.

Ada empat kategori dalam kompetisi ini, yakni publikasi artikel ilmiah mahasiswa PPG Prajabatan, video uji kinerja mahasiswa PPG Daljab, praktik baik guru pamong PPG Prajabatan, dan pengembangan mata kuliah elektif PPG Prajabatan.

Kapus PPG Unesa, Fatkur Rohman Kafrawi, mengatakan dari empat kategori tersebut, PPG Unesa mendominasi dan mendapat penghargaan di dua kategori yaitu, publikasi artikel ilmiah mahasiswa dan video uji kinerja mahasiswa.

“PPG Unesa masuk dalam 25 peserta terbaik, kemudian diseleksi lagi sampai GTK mendapatkan lima peserta terbaik di masing-masing kompetisi pada penilaian tahap dua kemarin. Tim kami masuk dalam penilaian dan mendapat total empat penghargaan,” ujar Fatkur melalui keterangannya di Surabaya, Senin (27/11/2023).

Baca Juga:  Unesa Komitmen Berdayakan Inklusivitas Lewat Edufair Disability Expo 2023

Adapun para mahasiswa yang mendapat penghargaan tersebut, yaitu Setyorini mahasiswa PPG gelombang 1 2022 Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang dapat penghargaan kategori Publikasi Artikel Ilmiah.

Kemudian, Bayu Purnomo Aji mahasiswa PPG gelombang 2 tahun 2022 Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Izza Milenia Ariyati mahasiswa PPG gelombang 1 tahun 2022 Prodi Ekonomi, dan Retno Mundi Pertiwi mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

“Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan GTK sebagai penghargaan bagi mahasiswa PPG baik Daljab maupun Prajab. Ini prestasi mahasiswa, kami dari PPG mendampingi mahasiswa dalam mengikuti kompetisi ini dengan melibatkan dosen, guru pamong sesuai prodinya masing-masing,” ungkapnya.

Mahasiswa PPG, Setyorini, mengatakan artikel yang diajukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif antara mahasiswa PPG Prajab, guru pamong dan dosen pembimbing lapangan.

Pelaksanaannya pada saat pembelajaran PPL 2 di SDN Kedungdoro IV Surabaya. Kekuatan isi dari artikel ini adalah merupakan bagian inovasi pembelajaran by research. Selain itu, masalah kebugaran jasmani yang penting bisa ditingkatkan melalui peningkatan keterampilan gerak dasar untuk meningkatkan hasil belajar gerak manipulatif melalui model pembelajaran Play Teach Play.

Baca Juga:  Ubaya West Campus Siap Buka 9 Maret 2024 dan Sediakan Program Internasional
Baca Juga:  Sisihkan Ratusan Peserta, Tim Universitas Brawijaya Rebut Juara Lomba Ilmiah Mahasiswa P3FNI 2023

Apalagi, Play-Teach-Play yang memang inti belajarnya adalah bermain dan belajar jelas cocok untuk anak SD kelas bawah. Catatan penting lagi dari transformasi Product-oriented menjadi process-oriented adalah tidak ada kesulitan anak mencapai ketuntasan. “Suatu kebanggaan tentunya bisa meraih penghargaan, tentu atas dukungan semua pihak,” jelas Setyorini.

Prestasi itu mendapat apresiasi Rektor Unesa, Prof Nurhasan. Ia turut bangga atas capaian mahasiswa, dosen dan jajaran PPG di tingkat nasional. Menurutnya, penghargaan ini sebagai bukti dari dedikasi, inovasi dan kreativitas mahasiswa PPG Unesa PTN-BH.

Bagi Cak Hasan, panggilan akrab Prof Nurhasan, prestasi kali ini merupakan kado bagi Unesa sekaligus bagi guru di seluruh tanah air. Apalagi, PPG merupakan program pendidikan yang bersentuhan langsung dengan upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru di seluruh Indonesia.

“Selamat kepada PPG, apresiasi dari GTK ini harus menjadi pemantik semangat seluruh jajaran di Unesa untuk terus memberikan yang terbaik serta melahirkan inovasi terbaiknya untuk kemajuan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat dan generasi Indonesia,” terangnya.

PPG Nasional diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek. Kompetisi ini sebagai wujud apresiasi PPG perguruan tinggi tepat pada HGN yang jatuh pada 25 November 2023. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *