Daop 8 Surabaya Catat Tiket KA Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Terjual 81.528 Tiket

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya mencatat, hingga 27 November 2023 tiket kereta api jarak jauh libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjual 81.528 tiket dari total 407.642 tiket yang disediakan atau masih sekitar 20 persen.

“Jumlah ini tentu akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. Tujuan favorit sejauh ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, Banyuwangi, dan lainnya,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, di Surabaya, Senin (27/11/2023).

Luqman menjelaskan, perjalanan kereta api (KA) yang masuk tiga besar dalam okupansi yang telah dipesan, antara lain KA Probowangi tujuan Surabaya Gubeng-Ketapang PP, KA Airlangga tujuan Surabaya Pasarturi-Pasarsenen PP dan KA Sritanjung tujuan Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP.

Selain itu, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan, di antaranya pada 23 Desember 2023 terjual 7.527 tiket atau 33 persen dari yang tersedia. “Tanggal 22 Desember 2023 terjual 7.360 tiket atau 32 persen dan 26 Desember 2023 terjual 5.905 tiket atau 26 persen,” jelasnya.

Baca Juga:  Tips Membeli Tiket Kereta Api di Masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih cukup banyak tersedia.

“Bagi masyarakat yang akan menikmati libur Natal dan Tahun Baru menggunakan kereta api, KAI masih menyediakan tempat duduk pada tanggal alternatif lainnya. Dan, kami imbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan,” terangnya.

Sementara, untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihaknya melakukan perawatan jalan rel sesuai mitigasi potensi risiko dan profil masing-masing kepadatan tanah pada beberapa daerah.

“Upaya ini dilakukan dari berbagai sektor, baik dari sisi sarana maupun prasarana, yang salah satunya adalah bagian Jalan Rel dan Jembatan (JJ) KAI Daop 8 Surabaya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 sudah Bisa Dibeli Mulai 6 November
Baca Juga:  Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Libur Nasional Naik 50 Persen

Luqman menyampaikan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer yang melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

“Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, kami melakukan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA, secara berkala sesuai program untuk memastikan kondisi layak standar operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meyakinkan sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

“Hari ini, kami sedang melakukan perawatan jalur rel di km11+5/6, petak jalan Stasiun Wonokromo – Stasiun Waru. Pekerjaan perawatan jalur rel ini dilakukan setiap hari di seluruh wilayah KAI Daop 8 Surabaya,” jelasnya.

Perawatan ini meliputi pengukuran lebar jalur rel, angkat listring, penggantian maupun pengisian batu ballast, hingga penggantian bantalan rel.

“Dan, selama proses perawatan jalur rel ini, tidak akan menimbulkan dampak terhadap waktu tempuh perjalanan KA,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *