Kabupaten Sidoarjo Raih Juara I Pelayanan Kesehatan Tradisional se Jawa Timur

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo berhasil meraih juara I Penyelenggara Pelayanan Kesehatan Tradisional yang Cemerlang, Efektif, Responsif, Inovatif, dan Akurat Tradisional (Pelita Ceria) se-Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati mewakili Bupati Gus Muhdlor menerima penghargaan ini yang bersamaan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 di Kota Batu, Kamis (16/11/2023).

Fenny Apridawati mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih ini tak luput dari adanya Griya Sehat yang dibangun di Kecamatan Sukodono. Selain itu, juga terdapat indikator dalam penilaian program puskesmas hingga mengantarkan Sidoarjo menjadi juara.

Baca Juga:  Serunya Senam Pound Fit yang Digelar favehotel Sidoarjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo

“Adanya pelayanan kesehatan tradisional yang terintegrasi dengan puskesmas dan rumah sakit menjadi nilai plus untuk Sidoarjo,” katanya.

Fenny juga menjelaskan berkat pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik, adanya kelompok Asuhan Mandiri Toga (Asman) adalah sesuatu yang sangat baik.

“Penyehat Tradisional yang sudah memiliki Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT). Panti Sehat Berkelompok, pembinaan penyehat tradisional, kelompok Asman yang terbentuk dan mendukung program prioritas,” tuturnya.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Ciptakan Alat Isi Ulang Produk Otomatis untuk Kurangi Sampah Plastik
Baca Juga:  Masyarakat Antusias, Sudah 400 Ribu Orang Menyaksikan Piala Dunia U-17 2023

Fenny menambahkan, produk olahan Toga dari kelompok Asman telah masuk dan bermitra dengan salah satu hotel di Sidoarjo. Kelompok Asman telah memperkenalkan dan memasarkan produk olahan Toga baik di gerobak display puskesmas maupun pada pameran-pameran yang ada.

“Melaksanakan implementasi pelayanan kesehatan tradisional untuk mendukung pengendalian hipertensi. Prestasi tersebut tidak berhenti sampai di sini, nanti akan muncul inovasi dan kreativitas lainnya,” tutupnya.

Sementara itu Gus Muhdlor mengaku gembira atas capaian ini. “Kami terus berkomitmen meningkatkan pelayanan terbaik terutama di bidang pelayanan kesehatan. Kalau masih ada yang cemberut dalam melayani, laporkan saya,” ujar Gus Muhdlor, Sabtu (18/11/2023).

Peraih Pelita Ceria 2023 selain Kabupaten Sidoarjo, yaitu Kabupaten Blitar, Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, dan terakhir Kota Pasuruan. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *