Jelang Musim Penghujan, Personel Kodim 0816 Sidoarjo Bersih-bersih Desa di Kalisampurno Tanggulangin

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menjelang musim penghujan, personel Kodim 0816 Sidoarjo bersama pihak terkait kerja bakti lewat program Bakti TNI Gotong Royong Bersih-bersih Membangun Desa 2023.

Kali ini lokasi yang dipilih di sekitar aliran sungai di sekitar DAM Kalisampurno, Kecamatan Tanggulangin. Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, kali ini mengerahkan sekitar 100 personel.

“Kali ini merupakan Bakti TNI ke 16 dari 18 yang kami jadwalkan. Setiap kecamatan kami pilih satu desa, sehingga kurang dua desa lagi. Program ini kami gelar di Oktober menjelang musim penghujan. Harapan kami tidak ada sungai di Sidoarjo yang tersumbat sampah, karena selain menimbulkan penyakit bisa mengakibatkan banjir,” tuturnya, Rabu (25/10/3023).

Baca Juga:  Puluhan Personil Kodim 0816 Sidoarjo Bersih-bersih Desa

Menurutnya kegiatan bersih-bersih yang melibatkan masyarakat, perangkat desa dan kecamatan bisa menggairahkan lagi gotong-royong dan keguyuban. “Selain itu tentu saja kegiatan ini berperan menjaga keamanan masyarakat,” terangnya.

Di di sela-sela kegiatan, Dandim bersama Camat Tanggulangin Sabino Mariano, Kades Desa Kalisampurno Dedi Purwandoyo menyerahkan bantuan sembako kepada warga.

“Kami harap kegiatan kami ini menjadi embrio bagi desa-desa lain di seluruh Kota Delta ini,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kodim 0816 Sidoarjo Launching Sidoarjo Siap 24 Jam
Baca Juga:  Gubernur Khofifah Indar Parawansa Buka LKS SMK 2023

Sabino Mariano mengatakan, kegiatan Bakti TNI seperti ini bisa memperkuat kolaborasi yang kuat antara masyarakat dan TNI untuk pelestarian lingkungan sekaligus memberi rasa aman.

“Hal ini bisa menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kalau lingkungan bersih, selain nyaman tentu saja bisa menghindarkan masyarakat dari ancaman penyakit,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini selaras dengan program Pemkab Sidoarjo yang saat ini giat menormalisasi sungai. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *