SD Al Falah Darussalam 2 ICP Tropodo Sidoarjo Lakukan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SD Al Falah Darussalam 2 International Class Programme (ICP) Tropodo, Sidoarjo melakukan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan dua hari, Senin-Selasa (23-24/10/2023).

“ANBK ini untuk kelas 5. Pelaksanaannya hari ini dan besok. Ada dua sesi, masing-masing sesi diikuti 15 anak. Kami menyiapkan 35 anak. Jika ada anak yang ditunjuk kemudian berhalangan hadir, ada lima cadangannya,” ujar Juniati, S.Pd, Kepala Sekolah SD Al Falah Darussalam 2 ICP Tropodo, Sidoarjo menjawab suryakabar.com, Senin (23/10/2023).

Baca Juga:  SD Al Falah Darussalam 2 ICP Tropodo Waru Gelar Ujian Internasional

Tujuan ANBK ini untuk mengukur tingkat literasi dan numerasi siswa. “Dengan ANBK ini sekolah bisa menganalisa efektifitas pembelajaran di sekolah. Sekolah akhirnya tahu kekurangan apa yang ada, sehingga bisa untuk bahan perbaikan di tahun berikutnya,” paparnya.

ANBK ini dilakukan di seluruh sekolah di Indonesia mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MA dan SMK. SD Al Falah Darussalam 2 ICP Tropodo baru tahun ini melaksanakan ANBK, karena baru memiliki kelas 5 di tahun ini.

Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar 8 di Surabaya, Sekolah Antusias Menyambut, Relawan Datang dari Makassar, Denpasar, Manado, Tenggarong hingga Kupang
Baca Juga:  Kemenkeu Mengajar 8 Makassar Raya: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan dan Literasi Keuangan

“Awalnya pada 2009 sudah ada ICP tapi masih gabung jadi satu dengan SD Al Falah Darussalam reguler. Mulai 2019 SD Al Falah Darussalam 2 ICP berdiri sendiri. Jadi sekarang baru ada kelas 5 nya,” paparnya.

ANBK merupakan salah satu program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

ANBK dilaksanakan menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya yang terhubung dengan server pusat. ANBK bertujuan untuk memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, baik sekolah, madrasah, maupun program kesetaraan. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *