Diduga Terserang Virus Tiga Kuda di Sidoarjo Mati

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Diduga terserang virus, tiga kuda di Sidoarjo mati. Kuda-kuda tersebut milik Zahlul Yussar di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin.

Zahlul membenarkan kejadian ini. “Iya mas, tiga sekaligus (mati). Peristiwanya setelah Porprov berkuda equestrian berakhir,” tulisnya disertai emoticon sedih, Rabu (20/9/2023).

Di Yussar Stable and Riding Club Desa Kalidawir, saat ini ada belasan kuda milik Yussar dan atlet berkuda yang berlatih di sana. “Yang mati itu adalah kuda lain yang tidak ikut berlaga di Porprov kemarin,” imbuhnya.

Sementara itu pengelola Yussar Stable and Riding Club, Mulyono memaparkan, kemungkinan kuda-kuda tersebut mati karena virus.

Baca Juga:  Berkuda Sidoarjo Raih Juara Umum Porprov Jatim VIII 2023, Ini Klasemennya

“Tiga kuda tersebut dua di antaranya masih kecil. Tidak hanya menimpa kuda yang di Kalidawir, yang di tempat lain seperti Malang dan Sarirogo sempat terserang virus, beruntungnya masih terselamatkan. Ini merupakan kejadian pertama,” ucapnya.

Menurutnya, virus tersebut cepat menyebar karena terbawa angin. Nah saat virus menyerang kuda, kondisinya makin buruk, karena cuaca sangat panas.

Baca Juga:  Ketua PB Porprov Jatim VIII 2023 Ali Affandi Buka Perlombaan Berkuda
Baca Juga:  Ini Sanksi Pemain Kota Malang yang Tendang Lawan di Porprov Jatim VIII 2023

Virus ini menyerang bagian organ perut. “Kalau tidak segera ditangani dengan obat-obatan mapun diinfus, kuda bisa mati dalam hitungan hari,” terangnya.

Ia menambahkan, virus tersebut membuat kuda menjadi gelisah, menggaruk-garukkan kakinya serta posisi tidurnya yang terus berubah.

Untuk menghindari kejadian serupa, air serta makanan yang diasup kuda harus bersih. Demikian juga dengan kebersihan kandang. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *