Futsal Porprov Jatim 2023
Ini Jumlah Wasit Futsal yang Bertugas di Porprov Jatim VIII 2023, Dibuat Tiga Sheet karena Hari Pertandingan Cukup Panjang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Cabang olahraga (cabor) futsal Porprov Jatim VIII 2023 menjadi cabor yang paling panjang hari pertandingannya yakni 19 hari. Kick off dilakukan 29 Agustus 2023 dan partai final digelar, Sabtu (16/9/2023).

Pada Porprov Jatim VIII 2023, cabor futsal tidak ada babak kualifikasi atau Pra Porprov. Itu yang membuat jumlah peserta di putaran final Porprov Jatim VIII 2023 cukup banyak. Tim peserta putra 31 kota/kabupaten sementara tim peserta putri 19 kota/kabupaten.

Seiring banyaknya jumlah peserta, membuat jumlah pertandingan juga ikut banyak. Perangkat pertandingan pun juga dikerahkan banyak pula. Bahkan untuk bertugas, wasit dibuat tiga sheet.

Baca Juga:  Sepak Bola Sidoarjo Ukir Sejarah di Porprov Jatim, Kawinkan Juara di Porprov Jatim VIII 2023

“Untuk Porprov 2023 ini kami tugaskan 36 wasit. Mereka kami bagi tiga sheet. Sheet pertama pada enam hari awal, kemudian sheet kedua pada tujuh hari di tengah dan sheet ketiga atau terakhir pada enam hari terakhir saat Porprov 2023 memasuki babak knock out,” ujar Rodhi Wahono, Bidang Wasit Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim menjawab suryakabar.com, Jumat (15/9/2023).

Menurut Rodhi, mereka yang bertugas di Porprov Jatim 2023 ini rata-rata wasit level 2 provinsi. Bahkan juga ada yang level 1 Nasional yakni 10 wasit.

“Level 1 Nasional ada 10 wasit di antaranya Vici Norma Azhari, Zainur Fadli, keduanya baru saja memimpin di Liga Pro. Kemudian Yudi Kriswanto yang memimpin di PON Papua. Susilaturochman dan Muhammad Febrianto memimpin Liga Nusantara di Gorontalo,” paparnya.

Baca Juga:  UPDATE: Hasil Pertandingan Perebutan Medali Perunggu dan Jadwal Final, Peluang Sidoarjo Kawinkan Juara Futsal Porprov Jatim VIII 2023
Baca Juga:  Futsal Putra Jember Raih Perunggu Porprov Jatim VIII 2023, Sejarah Baru Futsal Jember di Porprov Jatim

Selain itu, Rodhi juga menyebut ada wasit yang menjalani debut di Porprov Jatim. Jumlahnya ada delapan orang. “Alhamdullilah meskipun baru pertama kali memimpin di Porprov Jatim, mereka tidak mengecewakan. Mereka yang menjalani debut, dua wasit bertugas di sheet awal, empat wasit di sheet tengah dan dua wasit di sheet akhir,” terangnya.

Sebelum bertugas di Porprov Jatim 2023, dilakukan seleksi lewat penyegaran wasit yang digelar, 30 April-1 Mei 2023. “Peserta penyegaran 48 wasit. Yang lulus 40 wasit, tetapi dari jumlah itu ada yang tidak bisa berangkat karena benturan pekerjaan,” imbuhnya.

Disinggung cabor futsal Porprov Jatim sudah menandingkan tim putri, namun belum ada wasit perempuan yang bertugas, Rodhi mengatakan, belum ada wasit perempuan dari Jawa Timur yang memiliki lisensi level 2 provinsi apalagi level 1 Nasional. “Yang ada untuk wasit perempuan, hanya level 3 di kota dan kabupaten masing-masing,” tandasnya. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *