Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putra Lamongan Gelontor Jember Tiga Gol Tanpa Balas di Porprov Jatim VIII 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putra Kabupaten Lamongan bangkit. Setelah di laga pertama babak penyisihan Grup C Porprov Jatim VIII 2023 Lamongan menelan kekalahan tipis 2-3 dari Kota Blitar, di laga kedua Lamongan menang 3-0 atas Kabupaten Jember di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Minggu (3/9/2023) malam.

Kemenangan ini membuka harapan bagi skuad Lamongan untuk lolos ke 16 Besar. Lamongan memiliki satu sisa pertandingan menghadapi Tuban, sedang Jember melawan Kota Blitar. Pertandingan terakhir babak penyisihan Grup C digelar, Kamis (7/9/2023).

Tampil memburu kemenangan, permainan Lamongan di babak pertama tidak teratur. Pemain Lamongan terlalu bernafsu mencetak gol. Lamongan kurang sabar.

Meski lebih banyak menekan, namun terlalu terburu-buru ketika mendekati circle. Bahkan, berkali-kali pemain Lamongan memaksakan diri melepas tendangan dari jarak jauh. Imbasnya, bola lebih banyak melambung atau melenceng di sisi gawang.

Baca Juga:  Kejutan, Futsal Putra Kota Madiun Tahan Imbang Juara Bertahan Surabaya, Head Coach Kota Madiun: Imbang Serasa Menang

Pemain Jember pun mengikuti irama permainan Lamongan. Beberapa kali di babak pertama, pemain Jember memaksakan diri melepas tendangan dari garis tengah lapangan.

Memang, pada laga ini jika berakhir imbang sangat menguntungkan Jember. Pasalnya, di laga pertama Jember menang 5-2 atas Kabupaten Tuban.

Buntut permainan terburu-buru kedua tim, membuat keduanya gagal mencetak gol. Skor akhir babak pertama 0-0.

Di awal babak kedua, tidak banyak perubahan strategi dilakukan kedua tim. Lamongan maupun Jember tetap sama-sama menunggu. Sesekali Lamongan berani keluar memberi pressing.

Baca Juga:  Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Sementara Porprov Jatim VIII 2023, Tiga Tim Putra sudah Lolos ke 16 Besar

Kebuntuan kedua tim mencetak gol akhirnya pecah. Ini menyusul keberhasilan Lamongan menjebol gawang Jember menit 28.

Gol ini lahir dari counter attack cepat yang dilakukan pemain Lamongan. Berawal dari keberhasilan mematahkan sepak pojok yang dilakukan pemain Jember, counter attack Lamongan yang dilakukan tiga pemain tinggal menghadapi satu pemain.

Tidak mau membuang peluang, tiga pemain Lamongan tersebut memainkan kerja sama yang rapi untuk menjebol gawang Jember. Gol pembuka Lamongan ini dicetak Achmad Annas.

Kecolongan satu gol, tim asuhan Marthin Setiabudi berusaha membalas. Tekanan mereka bertubi-tubi mengancam gawang Lamongan. Berkat penampilan cemerlang kiper Aura Miftahus Syifa, gawang Lamongan selamat dari kebobolan.

Mengandalkan serangan balik cepat, Lamongan menggandakan keunggulan menit 38 dari gol yang dicetak Em Faris Mubarok. Tendangan keras Faris Mubarok sekitar dua meter di luar circle gagal dibendung kiper Jember.

Baca Juga:  Futsal Putra Sidoarjo Kalahkan Kota Malang, Lolos 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023

Unggul dua gol dengan sisa waktu sekitar dua menit, Lamongan semakin enjoy menjalani pertandingan. Lamongan memilih bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Strategi ini kembali menghasilkan gol menit 40 yang kembali dicetak Faris Mubarok. Serta merta gol ini kembali disambut kubu Lamongan dengan suka cita.

Bahkan gerakan tangan selebrasi pemain Lamongan, Mohammad Rodian dinilai wasit sengaja menyikut pemain Jember, sehingga wasit mengganjarnya dengan kartu merah langsung.

Jember sebetulnya memiliki peluang menipiskan ketinggalan saat laga tinggal menyisakan waktu dua detik. Jember mendapat tendangan penalti titik satu, setelah Faris Mubarok handsball di dalam circle. Namun, tendangan penalti Ivan Zacki Nurdri melambung. Skor 3-0 untuk kemenangan Lamongan bertahan hingga laga usai.

Head Coach futsal putra Lamongan, Agie Renata menyebut banyak perubahan permainan tim asuhannya dibanding saat melawan Kota Blitar.

“Waktu itu anak-anak lebih banyak main individu, hari ini kerjasama tim jalan. Ketika tiga lawan satu dari counter attack, kerjasama anak-anak cukup rapi dan berhasil menghasilkan gol,” ujar Agie Rebana menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Pelatih asal Sukorejo, Kota Blitar ini menekankan kepada pemainnya agar lebih rapi dalam bermain. “Saya tekankan kepada anak-anak, saya tidak butuh siapa yang cetak gol, tetapi yang penting tim ini bisa menang,” tandasnya. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *