Berita Sidoarjo
Anggota DPRD Sidoarjo Zahlul Yussar Dorong Ojol Srikandi Dilatih Ketrampilan UMKM

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ratusan driver Ojek Online (Ojol) dan taksi online menggelar pertemuan di Yussar Fishing & Playground, Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Minggu (7/8/2023). Agenda rutin yang digelar setiap tiga bulan ini, kali ini sekaligus memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Wakil Ketua Komisi D, DPRD Kabupaten Sidoarjo Zahlul Yussar mengatakan, profesi mereka sangat krusial di Kota Delta karena jumlahnya yang mencapai sepuluh ribu orang yang bekerja di sektor jasa ini.

“Jumlahnya sangat besar. Tentu angka tersebut mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo. Kami sebagai anggota Komisi D yang salah satunya membidangi kesejahteraan sangat concern kepada teman-teman,” tutur pria yang juga pemilik Yussar Fishing & Playground ini.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Apresiasi Posko Aman Gojek
Baca Juga:  Ketua IMI Sidoarjo Zahlul Yussar Dilantik, Fokus Penanganan Balap Liar

Ia menambahkan, dirinya aktif mendorong agar para driver ojol diberikan ketrampilan tambahan untuk menambah perekonomian.

“Banyak kaum perempuan yang bekerja pada profesi ini. Dengan diberikan ketrampilan berbisnis, pemasukan mereka bisa bertambah dan mengurangi risiko di jalan,” imbuh Zahlul.

Sementara itu perwakilan Himpunan Pengusaha Daring Indonesia (Hipda) Kabupaten Sidoarjo Arif Widianto mengatakan, tujuan utama Kodar kali ini agar teman-teman bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Pelatihan UMKM dari Komisi D seperti menjahit dan memproduksi kue sudah jalan. Bahkan di antara mereka kini mampu menerima pesanan dalam jumlah besar,” terangnya.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Sosial di Sidoarjo, Gratiskan Pajak Mikrolet dan Ojek Online
Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Apresiasi Posko Aman Gojek

Saat ini jumlah pekerja daring di Kabupaten Sidoarjo mencapai 10 ribu orang dengan rincian 6 ribu orang Ojek Online dan sisanya adalah Taksi Online.

“Jumlah itu hanya mereka yang ber KTP Sidoarjo, belum ditambah yang beridentitas non Sidoarjo. Kalau dijumlah, angkanya tembus 18 ribu orang,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pelatihan UMKM lebih difokuskan untuk driver Ojol perempuan atau biasa disebut Ojol Srikandi baik itu roda dua maupun roda empat.

“Kami berharap para srikandi ini tidak terlalu fight di jalan, karena risikonya sangat tinggi maka pelatihan ketrampilan UMKM sangat tepat. Berdasar data kami, jumlah Ojol Srikandi berkisar di angka dua ribuan,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *