Berita Sidoarjo
Psikolog RSI Siti Hajar Sidoarjo Paparkan Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan pada Anak

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

Dampak buruk itu antara lain anak menjadi pribadi yang tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan serta pudarnya konsentrasi.

Hal itu dikatakan Psikolog Klinis Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Kus Andrini S.Psi, M.Kes saat peringatan Tahun Baru Islam 1445 H dan Santunan kepada Anak Yatim di RSI Siti Hajar, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga:  Belasan Mahasiswa Asal Thailand Bermain dan Cicipi Kue Tradisional di Kampung Lali Gadget di Sidoarjo

Menurutnya, pemakaian gadget oleh anak harus dalam pengawasan orang tua dengan memberikan jadwal waktu pengunaannya.

“Penggunaan gadget bisa memberi banyak manfaat bagi anak misalnya dapat meningkatkan ketrampilan kognitif serta belajar banyak hal baru. Namun bila tanpa pengawasan, anak-anak bisa terlalu bergantung pada gadget,” tuturnya.

Baca Juga:  Merawat Budaya Islam, RSI Siti Hajar Sidoarjo Gelar Lomba Al Banjari

Maka dari itu, orang tua harus memantau pengunaan gadet pada anak dan memastikan mereka menggunakannya dalam waktu yang tidak berlebihan.

Kus Andrini mewanti-wanti penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, sakit leher dan masalah penglihatan yang sangat serius.

“Para orang tua harus membatasi durasi penggunaan gadget pada anak mereka khususnya yang masih belajar di sekolah dasar dengan maksimal penggunaan satu jam dan harus dalam pengawasan,” pesannya.

Baca Juga:  Berawal dari Hobi Kumpulkan Barang Antik dan Kuno, Koleksi Ichfan Kini jadi Jujugan Kolektor

Sementara itu Ketua Badan Pelayanan Mubarot Nahdlatul Ulama (BPMNU) RSI Siti Hajar dr.H. Iqbal Faizin mengatakan, kegiatan santunan kepada anak yatim ini merupakan agenda rutin setiap Tahun Baru Islam.

“Kali ini kami memberikan santunan kepada seratusan anak yatim binaan Muslimat. Kami juga memberikan pendidikan kesehatan serta pendidikan keagamaan,” terangnya.

Ia menambahkan, tema tauziah yang diberikan sangat relevan dengan kondisi saat ini bahwa penggunaan gadget begitu luar biasa.

“Orang tua harus bijak agar anaknya tidak berlebihan menggunakan gadget karena pengaruhnya pada perkembangan anak ke depannya sangat besar,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *