Kualifikasi FIBA U-16: Langkah Indonesia Kandas, Usai Kalah dari Filipina, Ini Tim yang Lolos ke Qatar

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Langkah Timnas Basket Putra Indonesia U-16 menuju ke kejuaraan tingkat Asia di Doha, Qatar kandas. Ini setelah di laga pamungkas “FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers” Indonesia kalah 65-77 dari Timnas Basket Putra Filipina U-16 di GOR CLS Knights Surabaya, Rabu (19/7/2023) malam.

Sebelum laga pamungkas ini digelar, Filipina sudah memastikan lolos ke Qatar, September mendatang. Itu setelah pada dua laga yang mereka jalani, Filipina menang 94-52 atas Malaysia dan menundukkan Thailand 85-49.

Dengan demikian Filipina menyapu bersih kemenangan di tiga laga yang mereka jalani di “FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers.”

Ikut mendampingi Filipina lolos ke Qatar yakni Malaysia. Pada laga pamungkas, Malaysia menang 85-79 atas Thailand.

Baca Juga:  Kualifikasi FIBA U-16: Kalahkan Malaysia 83-80, Indonesia Jaga Peluang Lolos ke Qatar

Padahal, pada dua laga sebelumnya, Malaysia terus menuai kekalahan. Pada laga pertama Malaysia dihajar Filipina 52-94 dan di laga kedua, Malaysia dikalahkan Indonesia 80-83.

Pertandingan Indonesia Vs Filipina

Pada kuarter pertama Indonesia U-16 menunjukkan permainan cepat. Mereka sanggup mengungguli permainan Filipina U-16. Sekaligus menutup kuarter pertama dengan kedudukan 21-16.

Memasuki kuarter kedua, Filipina mengejar selisih poin. Usaha itu pun sukses. Filipina berbalik unggul di awal kuarter kedua dengan skor 24-23.

Tekanan pemain Filipina tak berhenti. Kuarter kedua pun dikuasai. Para pemain Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Filipina menutup kuarter kedua dengan keunggulan 38-32.

Indonesia melanjutkan upayanya mengejar ketertinggalan poin di kuarter ketiga. Upaya itu menemui kesulitan dan Indonesia tertinggal 51-65. Pada kuarter keempat, Filipina U-16 mengunci kemenangan atas Indonesia dengan skor 77-65.

Baca Juga:  Kualifikasi FIBA U-16: Timnas Indonesia Kalah Tipis dari Thailand di Laga Perdana

Pemain Filipina, Kiefer Louie Alas dan pemain Indonesia, I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra sama-sama mencetak 19 poin pada laga ini.

Pelatih Timnas Basket Indonesia U-16, Liem Filixs, mengatakan para pemainnya sudah tampil lebih baik dibanding laga sebelumnya. Namun, timnya masih kurang diberi keberuntungan pada babak kualifikasi ini.

“Anak-anak tampil bagus. Sayang, di awal ajang ini melawan lThailand kebobolan satu bola, terus lawan Malaysia sudah bisa menahan. Tetapi, kami memang belum beruntung saja,” terang Liem seusai pertandingan.

Liem juga menyebut, anak asuhnya mampu memaksimalkan momen krusial pada kuarter pertama dan kedua. Hanya saja, di dua babak akhir, Filipina mampu tampil lebih baik.

Meski kalah dan gagal lolos ke ajang kejuaraan Asia, Liem tetap mengapresiasi seluruh pemainnya yang sudah berjuang maksimal hingga akhir pertandingan.

Baca Juga:  17 Atlet Perkuat Angkat Besi Jatim di Pra PON 2024, Target Loloskan 11 Atlet ke PON 2024

Sementara, Pelatih Timnas Basket Filipina U-16, Joshua Vincent Reyes, menyebut pertandingan menghadapi Indonesia merupakan laga berat. Sebab, selain dukungan suporter, tuan rumah sanggup menerapkan pola permainan yang membuat anak asuhnya kerepotan.

“Permainan Indonesia sangat menantang, pertahanan mereka one on one, mereka bermain sangat keras, memindah bola, dan berhasil mendapatkan poin,” jelas Joshua.

Joshua juga terkesan dengan cara bermain yang ditunjukkan Timnas Indonesia pada laga pamungkas ini. “Sungguh aku sangat terkesan dengan permainan tim Indonesia, pertahanan dan energi dari pertandingan ini,” ujarnya.

Terkait kemenangan pada laga ini, disebutnya karena faktor kehadiran suporter Filipina di GOR Basket CLS Knights Surabaya.

FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers di Surabaya ini diikuti empat tim. Selain Indonesia selaku tuan rumah, tiga tim lainnya yakni Filipina, Malaysia dan Thailand. (aci)

HASIL PERTANDINGAN
SENIN, 17 JULI 2023
Indonesia 62-64 Thailand
Filipina 94-52 Malaysia

SELASA, 18 JULI 2023
Indonesia 83-80 Malaysia
Filipina 85-49 Thailand

RABU, 19 JULI 2023
Indonesia 65-77 Filipina
Malaysia 85-79 Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *