Berita Sidoarjo
Dua Minggu Jelang Idul Adha Dinas Pertanian Sidoarjo Sidak Hewan Kurban

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menggelar inspeksi mendadak (sidak) hewan kurban di kawasan Jalan Veteran Lingkar Timur, Jumat (16/6/2023).

Sidak tersebut untuk memastikan hewan kurban yang diperdagangkan dan nantinya dikonsumsi dalam kondisi baik, sehat, dan memenuhi syarat. Tim memeriksa barcode yang dikalungkan ditelinga untuk memastikan sapi sudah divaksin.

Kepala Bidang Produksi Peternakan dan Kesehatan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, drh. Tony Hartono mengatakan, jika diketahui ada hewan khususnya sapi yang kondisinya tidak sehat, maka pihaknya menyarankan agar hewan tersebut dipisah.

kurban sapi 1

“Namun Alhamdulillah sejauh ini kondisi hewan kurban baik dan memenuhi syarat,” ucap Tony.

Dalam kesempatan ini, tim dari Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo juga memberikan vitamin B komplek untuk sapi-sapi yang mayoritas berasal dari wilayah Jawa Timur sendiri seperti Malang, Probolinggo, dan Madura.

“Kita juga semprotkan desinfektan kepada hewan kurban sebagai upaya pencegahan penyakit,” katanya.

Selain memeriksa kondisi kesehatan hewan, Tony juga memeriksa surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal. “Kita cek riwayat vaksin PMK dan hewan tersebut dinyatakan sehat selama 14 hari terakhir,” jelasnya.

Dikatakan Tony, di Sidoarjo sendiri ada 250 ekor hewan ternak yang terindikasi Lumpy Skin Disease atau virus LSD namun saat ini kondisinya berangsur membaik. “Sedangkan hewan yang terindikasi PMK ada 35 ekor,” imbuh Tony. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *