Pra Porprov Jatim 2023
Mental Tanding Pemain Banyuwangi Masih Jadi Kendala, Tampil di Final Ramadhan Cup 2023 Pemain Tegang

BANYUWANGI, SURYAKABAR.com – Tim futsal putra Banyuwangi sudah fix menetapkan 18 pemain yang akan dibawa ke Pra Porprov Jatim 2023. Tim asuhan Hadi ‘Iwan’ Purwanto ini terus digembleng. Termasuk mengikuti turnamen.

“Kami baru saja ikut turnamen Ramadhan Cup 2023 di Scudetto Banyuwangi. Kami lolos ke final dan merebut posisi runner up. Turnamen Ramadhan ini kategori umum, anak-anak di final kalah 0-2,” ujar Iwan kepada suryakabar.com, Senin (10/4/2023).

Iwan mengaku tidak memberi target juara di turnamen tersebut. Menurutnya, pengalaman tanding tampil menghadapi lawan yang usianya rata-rata di atasnya justru lebih berharga. Pada turnamen tersebut, futsal Pra Porprov Banyuwangi memakai nama Minak Jinggo FC.

BACA JUGA:

“Turnamen Ramadhan Cup kemarin untuk menambah pengalaman bertanding anak-anak. Ini terbukti, ketika tampil di final, permainan anak-anak tidak seperti saat di babak penyisihan atau pertandingan sebelumnya. Pemain terlihat tegang tampil di final,” urainya.

Pelatih asal Surabaya ini menjelaskan, karena tegang membuat finishing di laga final menjadi kendala. “Rata-rata anak-anak ini masih SMA, mereka mungkin jarang masuk final. Jadi ketika ini tampil di final melawan pemain-pemain yang usianya lebih senior, anak-anak tegang dan berpengaruh pada finishing,” paparnya.

Tidak hanya terkait finishing, penampilan penjaga gawangnya di final juga mengalami penurunan. “Tidak seperti di babak penyisihan. Kiper di babak penyisihan tampil bagus, tetapi di final juga tegang dan malah blunder,” jelasnya.

Terkait kekurangan tersebut, dalam sisa waktu sekitar satu bulan sebelum tampil di Pra Porprov Jatim 2023, Iwan akan memaksimalkan latihan di antaranya mengasah mental tanding dan finishing.

Pada Pra Porprov Jatim 2023, Banyuwangi akan bertindak sebagai tuan rumah. Selain Banyuwangi, tuan rumah Pra Porprov Jatim 2023 yakni Kota Malang, Tulungagung dan Bojonegoro. (es)      

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *