Muhammadiyah Jatim dan Sidoarjo Siap Dukung Suksesnya Harlah Satu Abad NU

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Berbagai elemen masyarakat siap mendukung kelancaran even akbar ini.

Dr. Sukadiono Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengatakan, pihaknya menyiagakan ambulans dan tim medis saat peringatan Harlah Satu Abad NU.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, pihaknya mengaku sangat senang bisa membantu menyukseskan jalannya peringatan 100 tahun lahirnya Nahdlatul Ulama.

BACA JUGA:

Menurutnya, pihaknya tidak hanya menyiagakan tim medis dan ambulans, sejumlah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang berada di sekitar Stadion Gelora Delta juga siap dimanfaatkan.

Menurut Suko, panggilan akrabnya, usia satu abad NU menjadi bukti kuat organisasi yang didirikan pada 1926 tersebut memiliki andil penting dalam perjalanan bangsa Indonesia.

“Atas nama PWM Jatim, kami mengucapkan selamat Harlah Satu Abad NU. Muhammadiyah akan selalu siap menjadi saudara yang saling mendukung demi kebesaran bangsa,” ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut.

NU didirikan KH Hasyim Asy’ari dan para ulama lain di Surabaya pada 31 Januari 1926 dalam Masehi. Dalam kalender Islam, tanggal tersebut bertepatan dengan 16 Rajab 1344 H. Menurut penanggalan Qamariyah atau Hijriah, saat ini NU tengah memasuki usia 100 tahun atau satu abad.

Sementara itu dari Sidoarjo, Masjid An Nur kompleks Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, juga akan memberikan bantuan ribuan konsumsi berupa nasi, minuman dan snack yang akan disalurkan secara bertahap mulai pagi hingga sore.

Warga Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo juga tidak mau ketinggalan berperan. “Kami telah berkoordinasi dengan warga di tingkat RT dan RW, kami bersepakat setiap rumah menyediakan tiga porsi nasi bungkus yang pendistribusiannya telah diatur,” kata Kepala Kelurahan Magersari, Nurcholis, Sabtu (4/2/2023).

Ia menambahkan, wilayahnya memang berdekatan dengan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, sehingga warganya antusias memberikan bantuan. “Bukan hanya kebutuhan logistik, namun warga juga menyediakan tempat istirahat, beribadah serta kamar mandi,” imbuhnya.

Andi, warga Dusun Gajah Magesari mengatakan, siap menyediakan konsumsi. “Keluarga kami siap mendukung Harlah Satu Abad NU dengan menyiapkan konsumsi. Semoga acaranya lancar dan sukses,” harapnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *