Barongsai, Tarung Drajat dan Senam Meriahkan Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Koarmada II

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Senam bersama, atraksi Tarung Drajat dan barongsai memeriahkan perayaan hari raya Imlek dan Cap Go Meh di Markas Koarmada II, Selasa (31/1/2023).

Selain bertujuan untuk mempererat keharmonisan antar umat beragama, pertunjukan barongsai digelar sebagai bentuk edukasi terhadap prajurit terakait kebudayaan masyarakat Tionghoa.

Pada sesi pembuka, seluruh prajurit diwajibkan mengikuti senam. Selanjutnya antraksi barongsai yang dimainkan komunitas pecinta barongsai Indonesia Surabaya, berhasil menghibur seluruh penonton.

senam1

BACA JUGA:

Diiringin alunan musik pukulan tabur dan simbal, tiga pemain barongsai begitu lihai meliuk – liukan tibuh, mulai dari melompat – lompat, menari, berjongkok hingga berguling di atas aspal.

senam2

Suara tepuk tangan penonton tak henti – henti bergemuruh, termasuk tepuk tangan Panglima Koarmada II, Laksamana Muda TNI TSNB Hutabarat. Sebagai bentuk apresiasi, secara bergantian para tamu hadirin memberikan hadiah berupa angpao kepada para pemain barongsai.

Panglima Koarmada II dalam sambutannya menyampaikan, perayaan Imlek di Koarmada II merupakan bentuk pengamalan nilai Pancasila, sila ke-3 yakni Persatuan Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

senam3

”Kami ingin para prajurit mengerti di mana ada budaya yang berbeda, untuk itu harus tetap kita pahami secara baik dan hormati kebudayaan tersebut,” ungkapnya.

Selain pertunjukan barongsai, atraksi beladiri Tarung Drajat ikut memeriahkan acara tersebut. Dihadapan penonton, para prajurit menunjukan kebolehannya dalam antraksi beladiri boxer ini, mulai dari teknik melumpuhkan musuh, pertahanan diri dan antraksi kekuatan kepala dari pecahan genteng menggunakan palu. (mfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *