PLN UP3 Surabaya Utara Dukung Peningkatan Kemampuan Siswa Sekolah Anak Jalanan Lewat Program PLN Peduli

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) UP3 Surabaya Utara memberikan dukungan penguatan edukasi, fasilitas, hingga peningkatan kemampuan siswa Sekolah Anak Jalanan di wilayah Kota Surabaya. Hal ini dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS) sejak 2019.

SSCS adalah komunitas penggerak pemerhati anak jalanan dan marjinal daerah khusus Kota Surabaya. SSCS terbentuk pada 5 Juni 2011.

Saat ini sudah ada lebih dari 100 anggota yang secara aktif dan pasif ikut berperan melaksanakan program kegiatan SSCS.

Dalam menjalankan program PLN Peduli, PLN UP3 Surabaya Utara bekerjasama dengan SSCS sejak 2019 sampai saat ini.

BACA JUGA:

pln1

Sejauh ini PLN UP3 Surabaya Utara sudah memberikan kepada SSCS sebagai bentuk dukungan adalah sebagai berikut :

2019 : Motor pintar yang digunakan untuk membawa buku bacaan dan sarana edukasi di lokasi-lokasi kegiatan mengajar untuk anak-anak jalanan.

2020 : Bantuan sarana penunjang edukasi berupa laptop dan tablet untuk menunjang anak-anak dalam mengikuti pendidikan secara daring.

2021 : Penyediaan rumah singgah (Rumah Anak Merdeka) dan electrifying education.

2022 : Sarana pendukung untuk edukasi nonformal yang berhubungan dengan kompetensi digital untuk fotografi dan kompetensi digital lain.

pln2

Paultje Mangundap, MUP3 PLN UP3 Surabaya Utara menyampaikan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak jalanan, sehingga mereka memiliki skill untuk menunjang masa depan mereka.  “Semoga kerjasama ini berguna untuk anak-anak jalanan saat ini dan kedepannya,” tegas Paultje Mangundap.

Salah satu anak binaan SSCS, Amel menceritakan, cita-cita dan harapannya saat dewasa menjadi sarjana hukum agar dapat membantu menyelesaikan beragam potensi konflik dan masalah yang sering ditemui.

Amel mengaku sangat senang mengakses berbagai buku di perpustakaan digital yang disediakan PLN secara gratis dan bisa berkumpul teman-temannya di Rumah Anak Merdeka.

General Coordinator SSCS Advin Mariyono mengapresiasi penuh bantuan dari PLN Peduli yang diberikan melalui PT PLN (Persero) UP3 Utara dan berkomitmen terus mendorong relawan dan pengurus SSCS untuk senantiasa menjalankan edukasi kepada anak-anak sebagai jembatan dalam meraih cita-cita.

“Kami sebagai sukarelawan tentunya sangat terbantu apabila passion kami untuk berbagi kepada adik-adik didukung dan didampingi penuh PLN. Yang paling membuat kami sangat bersyukur adalah roadmap dan rencana ke depan yang jelas dari PLN, sehingga anak-anak jalanan ini nanti menjadi berdaya, mandiri dan berkompetensi unggul,” kata Advin. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *