Komunitas Sepeda ROS Peringati Hari Pahlawan, Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Komunitas sepeda Repoeblik Onthel Sidoarjo (ROS) menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo, Minggu (13/11/2022). Kegiatan ini untuk memperingati Hari Pahlawan 2022.

Ketua ROS Heri Joko menuturkan, tabur bunga di TMP merupakan agenda rutin yang digelar setiap Hari Pahlawan. “Tujuannya agar kesatuan NKRI tetap terjaga salah satunya melalui paguyuban ontel. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga silaturahmi, karena pesertanya bukan hanya ROS saja, namun juga diikuti komunitas ontel yang lain. Anggota kami yang hadir berjumlah 60 orang,” ujar Heri Joko, Minggu (13/11/2022).

Komunitas sepeda lain yang bergabung di antaranya Komunitas Ontel Sidoarjo (KOS) dengan 40 anggotanya.

BACA JUGA:

sepeda1

Mengenakan beragam busana pejuang, mereka khusyuk berdoa dan antusias menabur bunga di pusara makam. Usai tabur bunga, mereka mengumpulkan sampah bungkus bunga ke dalam kresek, sehingga tidak ada satupun yang tercecer di makam.

“Selain menggelorakan hidup sehat dengan olahraga sepeda, kita juga membudayakan gaya hidup bersih,” terang Heri.

Ia melanjutkan, setiap hari nasional, anggota ROS selalu ada yang berkeliling ke luar daerah dengan membawa bendera Merah Putih.

“Yang terakhir, anggota kita Pak Slamet nggowes dari Sidoarjo ke Tugu Monas Jakarta, finish di Tugu Monas dan kembali ke Sidoarjo. Jarak tempuh sekitar 1.800 kilometer yang ditempuh dalam 23 hari,” imbuhnya.

sepeda2

Sementara itu penasehat ROS, Broil mengatakan, ROS terbentuk 18 Oktober 2009. Saat ini anggota ROS 104 orang dengan latar belakang aneka profesi seperti petani, tukang becak, guru, direktur perusahaan, dosen serta anggota TNI Angkatan Laut bahkan ustad.

“Saat itu di alun-alun ada banyak komunitas sepeda tapi anggotanya tidak terlalu banyak. Dari situ kami berinisiatif untuk menjadikannya satu dengan nama ROS,” terangnya.

Broil melajutkan dengan ikut komunitas sepeda manfaat yang didapat tentu saja bisa menjaga kesehatan dengan gowes dan yang lebih penting adalah menambah persaudaraan.

“Setiap hari Minggu kita rutin berkumpul dan gowes bareng. Selain itu kita juga seringkali anjagsana ke rumah sesama ontelis,” imbuh Broil. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *