Gakkum Polresta Sidoarjo Sosialisasi Penanganan Tepat Korban Kecelakaan

SIDOARJO-SURYAKABAR.com – Unit Penegakan Hukum (Gakkum) Polresta Sidoarjo bersama Polsek Krian, Polresta Sidoarjo memberi Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD) korban Kecelakaan Lalu Lintas bagi relawan, dan warga sekitar jalur rawan kecelakaan (blackspot).

Pelatihan menggandeng tim medis Rumah Sakit Anwar Medika. Tujuannya, agar peserta atau relawan dapat memberikan penanganan gawat darurat korban laka, sehingga menekan fatalitas korban laka di Sidoarjo.

“Penanganan pertama korban kecelakaan lalu lintas menjadi sangat penting. Karena dapat menyelamatkan jiwa seseorang yang mejadi korban,” kata Kanit Gakkum Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistiyono kepada suryakabar.com, Selasa (23/11/2021).

“Dengan adanya pelatihan, relawan maupun warga dapat mengetahui, dan bertindak cepat, memberikan pertolongan,” sambungnya.

BACA JUGA:

laka pelatihan

Lebih lanjut, Sugeng menegaskan, setelah relawan dan warga mengikuti pelatihan dan hasil dari materi yang diperolehnya itu dapat dibagi ke lingkungan sekitarnya.

Sehingga, pelatihan ini bermanfaat baik bagi masyarakat di sekitar daeran rawan laka, maupun berperan aktif memberikan pertolongan bagi korban kecelakaan.

“Jangan sampai korban tergeletak di tengah jalan, dan menjadi tontonan. Bagi korban, waktu hitungan menit itu sangat berharga,” tuturnya.

laka pelatihan 1

Sugeng menambahkan, pelatihan perlu disosialisasikan. Mengingat angka kecelakaan di Sidoarjo terutama di jalur (blackspot) masih tinggi. Penanganan yang tepat terhadap korban kecelakaan lalu lintas, dapat menyelamatkan korban dari kejadian yang lebih fatal.

“Dalam banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang kami tangani, korban laka dapat terselamatkan dari kondisi yang fatal. Karena mendapat penanganan awal yang bagus. Oleh karena itu diharapkan baik para relawan, dan warga sekitar yang mengikuti pelatihan ini bisa benar-benar menyerap ilmu yang diberikan pemateri guna ikut membantu penanganan korban laka,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *