Sidoarjo Soft Launching Kampung Olahraga, Ini Nama Desanya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemkab Sidoarjo baru saja menggelar agenda soft launching Kampung Olahraga, Minggu (26/9/2021). Kegiatan ini dipilih Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, di Desa Bakungtemenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Alasannya, banyak pemuda serta warga di wilayah ini gemar melakukan aktifitas olahraga, dan telah banyak warga di desa tersebut menjadi atlet di sejumlah cabang olahraga.

Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Disporapar Sidoarjo, Umi Salmami mengatakan, pihaknya mengapresiasi pejabat desa setempat yang mendukung warganya aktif melakukan olahraga.

Menurut Umi, dengan senang melakukan aktifitas olahraga, menjadikan tubuh seseorang sehat, dan secara tidak langsung meningkatkan produktifitas diri seseorang juga meningkat.

“Banyak dari warga di sana gemar melakukan olahraga. Itu baik. Kami akan siap mendampingi mereka yang gemar olahraga,” kata Umi Salmami kepada suryakabar.com, Minggu (26/9/2021).

BACA JUGA:

Sebagai dukungan dari pemerintah, lanjut Umi, pihaknya memberikan sejumlah bantuan berupa alat olahraga. Di antaranya, perlengkapan meja tenis, net, bola voli, papan catur, dan lainnya. “Telah kami berikan dukungan ini secara langsung. Seperti perlengkapan alat olahraga untuk mendukung aktifitas mereka,” ujarnya.

kampung olahraga 1
Kepala Disporapar Sidoarjo, Djoko Supriadi (dua dari kanan) menyerahkan bantuan alat olahraga berupa bola voli, ke Kades Bakungtemenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Minggu (26/9/2021).

“Dengan mereka semakin aktif melakukan olahraga, selain memiliki tubuh yang sehat juga akan memiliki jiwa yang sehat. Ini penting,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Desa Bakungtemenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Abu Dawud mengunkapkan, warganya senang sekali melakukan aktifitas olahraga.

kampung olahraga 2
Kepala Disporapar Sidoarjo, Djoko Supriadi (dua dari kanan) menyerahkan piagam soft launching sebagai tanda ditetapkannya Desa Bakungtemenggungan sebagai Kampung Olahraga, ke Kades Bakungtemenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Minggu (26/9/2021).

Hampir semingu sekali, lanjut Abu Dawud, warga melakukan olahraga secara terjadwal. Misalnya, ibu-ibu di masing-masing rukun tetangga (RT) melakukan senam bersama, setiap Sabtu dan Minggu.

“Pemudanya juga banyak menorehkan prestasi di bidang olahraga. Warga kami yang sudah go-Internasional di bidang olahraga sepak bola ini ada. Ia dapat beasiswa dari Barcelona selama tiga tahun,” akunya.

“Yang menjadi atlet perwakilan daerah, baik tingkat provinsi maupun Nasional juga ada. Memang banyak olahragwan di sini seperti, catur, panahan, lari 10K, dan lainnya,” sambungnya.

Oleh karena itu, Abu Dawud berharap, dengan telah dicetuskannya Desa Bakungtemenggungan sebagai Kampung Olahraga di Sidoarjo, pihaknya akan terus mendorong warga aktif melakukan olahraga.

“Kami optimistis semakin banyak generasi dan calon bibit-bibit olahragawan dari sini. Berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan warga,” harapnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *