Hasil Final Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020, Brasil Pertahankan Juara

SURYAKABAR.com – Sepak bola putra Brasil berhasil mempertahankan juara Olimpiade, setelah di final Olimpiade Tokyo 2020, Brasil menang 2-1 (1-1) atas Spanyol lewat perpanjangan waktu di International Stadium Yokohama, Sabtu (7/8/2021) malam WIB.

Spanyol merebut medali perak sementara medali perunggu diraih Meksiko yang mengalahkan tuan rumah Jepang, 3-1.

Laga final berlangsung imbang. Tim Samba Brasil mendapat peluang emas menit 38 dari titik penalti. Namun, eksekusi penalti Richarlison melambung di atas mistar gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Wasit Chris Beath dari Australia memberi Brasil hadiah penalti, setelah melihat tayangan VAR, Matheus Cunha dilanggar kiper Unai Simon dalam duel udara di dalam kotak penalti.

Memasuki injury time babak pertama, Brasil baru bisa menjebol gawang Spanyol. Berawal dari umpan diagonal yang dilepas Claudinho ke tiang jauh, bola lambung disambut kapten tim Dani Alves.

Bola melambung ke mulut gawang. Terjadi duel udara, bola kemudian jatuh didekat Cunha. Ada ruang tembak, Cunha melepas tendangan keras menjebol gawang Spanyol.

BACA JUGA:

Di babak kedua, permainan tetap imbang. Brasil nyaris menggandakan keunggulan menit 52. Namun, tendangan Richarlison dari dalam kotak penalti bola mengenai kaki kiri kiper Unai Simon dan membentur mistar gawang. Bola memantul kembali ke lapangan, langsung dibuang pemain Spanyol dan menghasilkan tendangan penjuru.

Upaya Spanyol menyamakan kedudukan terwujud menit 61 dari tendangan first time Mikel Oyarzabal menyambut umpan lambung Carlos Soler.

Usai lahirnya gol ini Spanyol di menit-menit akhir mendapat dua peluang emas lewat Oscar Gil dan Bryan Gil, namun gagal melahirkan gol karena membentur tiang gawang.

Hingga waktu pertandingan normal berakhir tidak ada tambahan gol dan skor imbang 1-1. Pertandingan dilanjutkan perpanjangan waktu.

Kemenangan Brasil tercipta menit 108 berawal dari serangan balik cepat. Antony melepas umpan jauh ke arah pemain pengganti Malcolm.

Adu sprint Malcolm dengan Jesus Vallejo. Malcolm berhasil menguasai bola sekaligus menjinakkan kiper Unai Simon untuk membawa Brasil unggul 2-1 dan bertahan hingga perpanjangan waktu berakhir.

Spanyol sekali merebut medali emas, saat menjadi tuan rumah Olimpiade Barcelona 1992. Waktu itu Spanyol di final menang 3-2 atas Polandia. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *